Opini

Jasa Pahlawan Ekonomi Nusantara Bagi Kehidupan

135
×

Jasa Pahlawan Ekonomi Nusantara Bagi Kehidupan

Sebarkan artikel ini
Pahlawan Ekonomi
Sam Edy Yuswanto

Mengutip keterangan CNBC Indonesia (17/2/2022) UMKM adalah usaha yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha dengan kekayaan dan omzet yang tidak lebih dari Rp500 juta per tahunnya.

Dengan kata lain, pendapatan yang dihasilkan oleh setiap pelaku usaha yang menjalankannya juga masih tergolong kecil. Tidak heran juga banyak pelaku UMKM yang menjalankan bisnisnya dari dalam rumah sendiri.

Scroll untuk melihat berita

Lantas, apa saja jenis-jenis bisnis yang termasuk ke dalam UMKM? Tentu sangat beragam. Mulai dari aneka kebutuhan rumah tangga seperti makanan, minuman, pakaian, aneka kerajinan tangan, hingga mereka yang memberikan layanan jasa bagi masyarakat setempat, misalnya para pemilik laundry atau cucian baju, cucian kendaraan roda dua dan empat, dan seterusnya.

Menurut saya, tak berlebihan jika keberadaan para UMKM di negeri ini layak mendapat predikat Pahlawan Ekonomi Nusantara.

Alasannya sudah sangat jelas, karena mereka telah ikut membantu memulihkan perekonomian nusantara. Tak hanya itu, mereka juga ikut menciptakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya, memberdayakan warga yang tak bisa mendapat kesempatan kerja di kantor atau perusahaan.

Satu lagi yang harus dicatat, para pelaku UMKM juga telah ikut mengenalkan produk-produk lokal yang sangat berkemungkinan akan semakin dikenal luas hingga mancanegara. Ini artinya, mereka secara tidak langsung telah berjasa mengenalkan ragam ciri khas yang begitu melimpah di negeri ini dalam kancah dunia.

oleh: Sam Edy Yuswanto (*)

(*) Penulis adalah kolumnis lepas untuk media, yang mukim di Kebumen Jawa Tengah.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya tanggung jawab penulis dan tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi beritabangsa.com

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *