Humanity

Polisi di Jombang Cek Titik Arus Liburan Nataru yang Rawan Macet

89
×

Polisi di Jombang Cek Titik Arus Liburan Nataru yang Rawan Macet

Sebarkan artikel ini
Posyan Jombnag
Tampak salah satu petugas kepolisian dari Satlantas Polres Jombang, ketika mengatur lalulintas di simpang empat Jalan KH Wahid Hasyim Jombang. Foto : Faiz

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Sejumlah petugas kepolisian dari Satlantas Polres Jombang, mulai digerakkan untuk melakukan upaya antisipasi terjadinya kemacetan saat momen Hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Pada Jumat (23/12/2022) siang, sejumlah petugas melakukan pengecekan dan mengatur lalu lintas di Pos Pelayanan (Posyan) liburan Nataru yang terletak di simpang empat Jalan KH Wahid Hasyim Jombang.

Scroll untuk melihat berita

Posyan ini dibuat one stop service, yang siap menampung, melayani para pengguna jalan untuk beristirahat dan bermain bagi yang anak-anak mereka. Di sini, juga akan disediakan makanan maupun minuman.

Kabagops Polres Jombang Kompol Purwo Atmojo Rumantyo menyebutkan jika, terdapat tiga titik arus liburan Nataru di Jombang yang rawan terjadi kemacetan.

Pertama yakni di Jalan Raya simpang 4 Mrengkeng, yang merupakan jalan perbatasan antara Kabupaten Jombang, Nganjuk dan Kediri.

Kemudian yang kedua yakni di Jalan Raya Mojoagung, tepatnya simpang tiga ring road Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Terakhir disebutkan Kompol Purwo yakni, di Jalan Raya Ploso tepatnya di jembatan baru maupun lawas.

“Beberapa titik di Jombang memang rawan macet, tapi dari kami serta petugas dari Satlantas Polres Jombang sudah mengantisipasi dengan melakukan berbagai upaya nantinya. Jadi untuk menghadapi Nataru ini, dari Polres Jombang sudah menerjunkan sebanyak 236 personel. Juga pos-pos sudah disiapkan,” ujar Kabagops Polres Jombang Kompol Purwo Atmojo Rumantyo.

Lanjut Kompol Purwo menjelaskan, untuk sejumlah pos sudah disiapkan. Disebutkannya terdapat satu pos pelayanan, 6 pos pantau, dan 5 pos pengamanan.

Kendati begitu, prediksi arus liburan Nataru di Jombang yang sangat berpotensi mengalami kemacetan yakni, di Jalan Nasional masuk Kecamatan Perak.

Di ruas jalan ini masih terdapat pengerjaan peningkatan jalan yang masih belum selesai.

“Karena kemarin di jalan itu, pengecorannya belum selesai. Namun dipaksakan tetap digunakan separuh jalan dengan bergantian dari tiga arah. Sehingga jalannya semakin menyempit dan kemungkinan berpotensi terjadi kemacetan,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya menyebutkan bahwa pengguna jalan yang hendak melintas untuk tidak khawatir. Sebabnya, petugas sudah menyiapkan pola rekayasa lalulintas. Misalnya seperti peralihan arus lalulintas hingga memberikan rambu-rambu.

“Pola-pola rekayasa lalulintas hingga memasang rambu-rambu lalulintas, sudah disiapkan oleh bapak Kasatlantas. Sehingga nantinya akan memudahkan masyarakat ketika mau lewat jalur-jalur itu, tidak sampai kesasar,” paparnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengimbau para pemudik mulai dari hati-hati, jaga kesehatan, waspada musim penghujan, dan tidak memaksakan diri saat lelah.

“Imbauan tentunya jaga kesehatan, hati-hati bila capek ya istirahat. Jangan memaksakan diri apalagi melewati jalur-jalur cepat, sayangi keluarga agar tetap selamat sampai tujuan selama di perjalanan. Intinya antisipasi kemacetan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru sudah kami siapkan,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *