Opini

Jasa Pahlawan Ekonomi Nusantara Bagi Kehidupan

120
×

Jasa Pahlawan Ekonomi Nusantara Bagi Kehidupan

Sebarkan artikel ini
Pahlawan Ekonomi
Sam Edy Yuswanto

Menurut saya, ada begitu banyak pahlawan di sekeliling kita tapi tak pernah disadari oleh sebagian orang. Pada umumnya, kita memahami pahlawan sebagai sosok yang telah berjuang merebut kemerdekaan hingga titik darah penghabisan.

Jika kita tarik lebih luas lagi akan makna pahlawan, maka justru akan banyak orang yang berhak menyandang predikat Pahlawan, karena telah berjasa bagi negeri ini.

Scroll untuk melihat berita

Para pelaku UMKM misalnya. Mereka juga bisa dimasukkan ke dalam kategori Pahlawan. Ya. Pahlawan ekonomi Indonesia lebih tepatnya.

Sebagaimana diungkap Regina Mone dalam tulisannya (mnews.co.id, 10/11/2021) bahwa salah satu pahlawan yang sudah terbukti berjasa terhadap Indonesia di era modern sekarang, khususnya di masa pandemi, adalah para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Perihal alasan mengapa UMKM layak disebut pahlawan ekonomi di tengah pandemi, Regina Mone menyebut mereka sebagai pahlawan ekonomi Indonesia mengingat jasanya yang begitu besar.

Mengutamakan kearifan lokal dan sumber daya manusia (SDM) dari Indonesia pelaku UMKM sudah menjadi kunci perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan Indonesia (mnews.co.id, 10/11/2021).

Selanjutnya, yang mungkin masih menjadi pertanyaan sebagian dari kita ialah tentang definisi secara lengkap dari UMKM itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *