Bangsa dan Negara

Pramuka, Generasi Pancasila Siap Jaga NKRI

125
×

Pramuka, Generasi Pancasila Siap Jaga NKRI

Sebarkan artikel ini
Pramuka
Gubernur Khofifah foto bersama Pramuka usai acara

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Pramuka adalah praja muda karana. Pramuka merupakan generasi muda yang memiliki kualitas Pancasila dan selalu siap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada diri Pramuka, terus dipupuk tentang wawasan kebangsaan dan semangat bela negara. Dirajut, dan diperkuat sebagai bekal menghadapi dinamika bangsa.

Scroll untuk melihat berita

Demikian terungkap dalam Apel Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Kwarda Jawa Timur 2022, di Lapangan Upacara A Yani Kodam V/ Brawijaya, Rabu (26/10/2022).

“Wawasan kebangsaan dan bela negara ini harus terus dirajut, bangsa ini akan menghadapi banyak dinamika. Dunia saat menghadapi ancaman krisis pangan, krisis energi serta krisis keuangan maka semuanya kekuatan dan potensi kita harus dirajut untuk menghadapinya,” tegas Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Kwarda Jatim.

Menurutnya, Pramuka dalam menguatkan wawasan kebangsaan dan bela negara dilakukan secara terus-menerus. Bahkan di semua sektor pengabdian oleh Pramuka dilakukan berkesinambungan.

“Apel ini simboliknya. Tapi gerakan Pramuka di lapangan terus berjalan, terus mengabdi tanpa henti. Saya rasa itu tagline Pramuka, mengabdi tanpa henti harus menjadi pegangan gerakan Pramuka dimana saja kapan saja,” ujar Khofifah.

Gubernur Khofifah mengapresiasi gerakan pramuka yang mengabdikan diri bagi bangsa dan negara tanpa henti. Setiap anggota gerakan Pramuka selalu berupaya untuk menjalankan janji sucinya, Tri Satya Pramuka.

“Tri Satya praja muda karana memiliki makna pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, pengabdian kepada bangsa dan negara serta pengabdian kepada sesama dan selalu memperbaiki diri,” ucap Khofifah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *