Bangsa dan Negara

Seribu Bunga Untuk Pancasila

124
×

Seribu Bunga Untuk Pancasila

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Peringatan hari kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023, Komite Eksekutif (EXCO) Partai Buruh Kota Surabaya mengadakan kegiatan yang bertemakan “Seribu Bunga Untuk Pancasila.”

Kegiatan ini diawali tabur bunga dan kirim doa kepada, pahlawan nasional, 7 pahlawan revolusi, dan korban Gerakan 30 September 1965 (G30S-PKI).

Scroll untuk melihat berita

Kegiatan tabur bunga dan kirim doa ini ditempatkan di makam pahlawan nasional WR Soepratman, Jalan Kenjeran Rangkah, Surabaya start pukul 09.00 WIB.

Pemilihan tempat di makam WR Soepratman ini menurut Nurudin Hidayat, Ketua Exco Partai Buruh, sebagai bentuk keprihatinan karena sepinya peziarah di makam pencipta lagu Indonesia Raya ini.

Yang menyedihkan di lingkungan makam WR Soepratman, didekati bau busuk pembuangan sampah.
Masih kata Nurudin, Aksi ini juga sebagai bentuk kritik dan desakan kepada Pemerintah Kota Surabaya agar segera memindahkan tempat pembuangan sampah jauh dari makam pahlawab Nasional.

“Perawatan terhadap TMP tidak hanya di dalamnya saja, tetapi juga harus di lingkungan sekitar TMP. Banyak warga dari dalam, dan luar kota Surabaya termasuk pelajar ingin berziarah ke makam WR Soepratman, dari upaya kita semua,” jelas Bung Udin.

Rentetan peringatan hari Kesaktian Pancasila ini, akan dilanjutkan malam hari pukul 19.00 WIB, bagi-bagi bunga untuk warga di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya.

“Bagi-bagi bunga ini sebagai simbol perdamaian dan kasih sayang. Selain itu kami juga ingin mengingatkan kepada masyarakat umum bahwa hari ini merupakan hari bersejarah Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ia menyebut, peristiwa kelam 1965 hendaknya dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan arti penting Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan betapa pentingnya menjaga dan memahami nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Di tahun politik saat ini marilah kita kuatkan dan lengkapi diri dengan menggali nilai-nilai Pancasila, agar tidak terjebak perpecahan dan permusuhan sesama anak bangsa,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *