Kuliner

Semanggi di Antara Perkembangan Zaman dan Mimpi Buruknya

396
×

Semanggi di Antara Perkembangan Zaman dan Mimpi Buruknya

Sebarkan artikel ini
Semanggi
Penjual Semanggi Suroboyo

Mitos dan Cerita Rakyat

Cerita masyarakat hingga kini Semanggi masih dipercaya dapat menangani berbagai permasalahan kesehatan seperti meredakan flu dan demam, antidiare, radang tenggorokan, hipertensi atau darah tinggi, datang bulan tak lancar, atau infeksi saluran kencing.

”Padahal makanan seperti ini sehat karena banyak sayuran yang biasa tumbuh di persawahan,” ujarnya.

Scroll untuk melihat berita

Tutik turut mengamini hikayat masyarakat sekitar jika tanaman Semanggi dapat memberikan keberuntungan. Terlebih bagi daun semanggi yang berkelopak empat. Manfaat daun semanggi untuk keberuntungan ini mungkin dapat dianggap sebagai mitos. Kepercayaan ini tak tumbuh begitu saja, namun didukung dengan mistisme rakyat Jawa sedari dulu.

”Katanya yang daunnya empat itu biasanya sangat dicari oleh orang. Katanya bisa membawa keberuntungan dalam hidup,” katanya sembari menunjukkan kelopak daun yang Tutik maksud.

Nama yang Melekat Erat dengan Filosofi Jawa

Tak hanya memiliki mitos yang beredar luas di masyarakat. Semanggi juga menemani perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Dengan dipilihnya nama Semanggi di beberapa kota di Indonesia. Termasuk yang fenomenal yaitu Simpang Susun Semanggi di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *