Opini

Keutamaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar; Refleksi Terhadap Surat Ali Imran

437
×

Keutamaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar; Refleksi Terhadap Surat Ali Imran

Sebarkan artikel ini

Oleh: Nazwar

Perintah akan berpegang teguh dengan tali Allah dan kabar bagi siapa saja yang berpegang teguh dengan Allah maka sesungguhnya dia telah ditunjukkan kepada jalan yang lurus adalah kebenaran.

Dan diperintahkan agar terdapat di antara kita selaku umat Islam golongan yang menyeru kepada kebaikan dan melarang kepada perbuatan munkar (keburukan) yang terjadi seperti kegaduhan, kekacauan, dan berbagai bentuk kemaksiatan dan mereka adalah termasuk orang-orang yang beruntung.

Keutamaan berupa keberuntungan merupakan suatu kondisi yang senantiasa diharapkan terkaruniakan dalam setiap perniagaan baik dunia terlebih dan terutama akhirat.

Keberuntungan merupakan keuntungan yang menjadi bagian dari usaha yang ditempuh dalam pandangan Allah. Usaha dengan perhitungan manusia sering kali menghasilkan perbedaan.

Sebesar dan sekeras usaha manusia dengan caranya tidak sebanding dengan peruntungan di jalan yang menjadi ketetapan Allah.

Bagaimana bisa suatu kondisi yang merupakan hasil usaha manusia sedemikian rupa di atas dunia dapat menjadi suatu ancaman besar untuk kehidupan sejati di akhirat?

Jerih payah yang diusahakan sedemikian rupa diiringi usaha berupa kesungguhan dan kerja keras (mujahidah) dapat menjadikan setiap usaha tersebut sebagai beban tidak terhingga dan melelahkan terutama terkait pertanggung jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *