Terkini

Peringati Haul Gus Dur di Jombang, Inayah Wahid Ingatkan Etika Demokrasi Ala Gus Dur

107
×

Peringati Haul Gus Dur di Jombang, Inayah Wahid Ingatkan Etika Demokrasi Ala Gus Dur

Sebarkan artikel ini
Haul Gus Dur
Suasana di Makam Gus Dur saat momentum pagelaran Haul yang ke-14 di Jombang. Foto : Faiz

Sedangkan pada hari kedua, acara dimulai Minggu pagi dengan Gowes Dur, yaitu, tour sepeda onthel yang diikuti 2.000 peserta.

Lalu dilanjut dengan pentas wayang potehi, musik reggae, dan pentas lawak tunggal atau stand up comedy Jombang.

Scroll untuk melihat berita

Acara semakin meriah dengan kirab yang diikuti oleh warga desa sekitar Tebuireng Jombang.

Mereka berjalan kaki dari Minha hingga ke pesantren Tebuireng Jombang. Setelah itu dilanjutkan dengan tabur bunga di makam Gus Dur.

Pada kesempatan itu, Inayah Wahid didampingi pengasuh pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, Plt Kepala Museum dan Cagar Budaya (MCB) Ahmad Mahendra serta komunitas lintas etnis dan agama.

Ahmad Mahendra menambahkan, keberadaan Minha sendiri bukan hanya sekadar fisik di bawah MCB.

Namun juga sebagai bagian dari upaya meneruskan perjuangan dari KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur.

Menurutnya, ada banyak nilai yang harus tetap dijaga. Seperti multikultur, membela minoritas, dan soal-soal kebangsaan lainya.

“Soal menjaga keindonesiaan itu penting, dan itu adalah tugas kita bersama, termasuk pemerintah,” ungkap Ahmad Mahendra.

Haul ke-14 Gus Dur di Jombang dipungkasi dengan penampilan ludruk guyonan yang digelar malam ini. Inayah Wahid ikut tampil bersama Percil cs, Cak Kartolo, Cak Tawar, Proborini, Olga Lydia, serta Widi Dwinanda.

Seperti diketahui, Gus Dur tutup usia pada Rabu 30 Desember 2009 pukul 18.45 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangkusumo, Jakarta. Jenazahnya dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga, Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang.

Makam tersebut satu lokasi dengan makam kakeknya, KH Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama serta ayahandanya KH Wahid Hasjim, yang juga tokoh negara sekaligus Pahlawan Nasional.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *