Terkini

Peringati Haul Gus Dur di Jombang, Inayah Wahid Ingatkan Etika Demokrasi Ala Gus Dur

98
×

Peringati Haul Gus Dur di Jombang, Inayah Wahid Ingatkan Etika Demokrasi Ala Gus Dur

Sebarkan artikel ini
Haul Gus Dur
Suasana di Makam Gus Dur saat momentum pagelaran Haul yang ke-14 di Jombang. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Haul Gus Dur ke-14 tak hanya digelar di Ciganjur, Jakarta Selatan, namun juga diperingati di Jombang, Minggu (18/12/2023), di Museum Islam Hasyim Asy’ari (Minha) Tebuireng Jombang.

Acara sore hari itu dikemas apik, diawali kirab pawai, ziarah hingga doa bersama.

Scroll untuk melihat berita

Di sini, anak bungsu Gus Dur, Inayah Wulandari alias Inayah Wahid berharap warisan pemikiran Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari atau Mbah Hasyim dan Gus Dur tetap bisa disebarluaskan.

Menurut Inayah Wahid, pemikiran Gus Dur yang relevan saat ini untuk disebarkan yakni soal etika demokrasi.

“Tema tersebut juga dipakai dalam haul ke-14 Gus Dur di Ciganjur semalam. Karena pemikiran tersebut sangat relevan untuk konteks hari ini,” ujar anak ke-4 dari pasangan KH Abdurrahman Wahid dan Shinta Nuriyah di hadapan wartawan.

Inayah mengatakan, Gus Dur sempat membuat tulisan tentang bagaimana kondisi yang seolah-olah demokrasi, seolah-olah konstitusional, seolah-olah taat hukum, seolah-olah bebas.

“Tapi kemudian apakah betul kondisinya seperti itu,” ujarnya nada tanya.

Nah, itulah kata Inayah, yang dipertanyakan Gus Dur pada era tahun 90-an.

“Ternyata kayaknya hari ini sangat relevan juga untuk kita pertanyakan. Apakah hari ini demokrasi yang kita dapatkan sebenarnya memang betul-betul demokrasi atau hanya seolah-olah demokrasi,” lanjutnya.

Haul ke-14 Gus Dur yang digelar Minha selama dua hari sejak Sabtu (16/12/2023) hingga Minggu (17/12/2023) berlangsung meriah.

Sabtu digelar festival mewarnai yang diikuti oleh ribuan ibu dan anak, lalu disambung diskusi film bareng Gusdurian bertajuk “Di bawah bendera demokrasi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *