Terkini

Musim Hujan, Harga Buah Naik, Berkah Bagi Pembudidaya Melon Sistem Greenhouse di Jombang

705
×

Musim Hujan, Harga Buah Naik, Berkah Bagi Pembudidaya Melon Sistem Greenhouse di Jombang

Sebarkan artikel ini
Panen Melon
Proses panen buah melon jenis sweet net asal Thailand yang dibudidaya dengan sistem greenhouse di Jombang. Foto : Faiz Beritabangsa.id.

Begitu waktu panen tiba disebutkan rata-rata berat per buah melonnya sekitar 1,7 kilogram. Sementara untuk hasilnya mampu mengumpulkan sekitar 900 an buah melon.

“Per kilonya sekarang di harga 25 ribu. Pelanggan memang rata-rata warga lokal sekitar dan suplai ke Bandung, Jakarta dan Bali paling jauh itu,” jelasnya.

Selain dijual langsung, sebagian melon dimanfaatkan untuk usaha sampingan yakni, dibuat minuman jus melon kemasan. Per botol yang berisikan 200 mili itu dibandrol Rp10.000. Sementara dari usaha ini dalam setiap panennya atau dua bulanan, ia mampu meraup cuan puluhan juta rupiah.

“Alhamdulillah, dalam setiap panen kalau hasilnya bagus omzetnya sekitar 20 jutaan,” tandasnya.

Masih di tempat yang sama, greenhouse ini terpantau diburu sejumlah pelanggan. Mereka datang bergantian untuk membeli melon-melon tersebut dengan memilih dan memetik sendiri.

Seperti yang dilakukan Rafi Pratama, pria 23 tahun warga sekitar. Ia mengaku jika melon yang dimaksud sangatlah beda dengan pada umumnya, mulai dari ukurannya lebih besar dan rasanya lebih manis dan renyah.

“Ini lagi beli buah yang kebetulan lagi panen sehingga bisa milih dan petik sendiri. Sudah langganan di sini karena rasa buahnya lebih keranci dan lebih manis, sehingga kalau beli di sini itu langsung beli dengan jumlah yang banyak. Untuk dikonsumsi sendiri dan biasa saya berikan ke kerabat juga,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *