Terkini

Musim Hujan, Harga Buah Naik, Berkah Bagi Pembudidaya Melon Sistem Greenhouse di Jombang

671
×

Musim Hujan, Harga Buah Naik, Berkah Bagi Pembudidaya Melon Sistem Greenhouse di Jombang

Sebarkan artikel ini
Panen Melon
Proses panen buah melon jenis sweet net asal Thailand yang dibudidaya dengan sistem greenhouse di Jombang. Foto : Faiz Beritabangsa.id.

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Ada berkah tersendiri dirasakan petani dan pembudidaya buah melon sistem greenhouse saat musim hujan tahun ini, di tengah banyak petani melon konvensional gagal panen.

Kini harga buah melon justru mengalami kenaikan. Petani melon greenhouse pun untung.

Scroll untuk melihat berita

Salah satunya seperti yang dialami Muhammad Lathoif, pembudidaya melon jenis sweet net di Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang ini.

Di musim hujan ini malah membuat usahanya meraup untung berlipat dibanding sebelumnya.

“Ini lagi panen melon jenis sweet net. Alhamdulillah kalau musim hujan seperti saat ini menguntungkan yang membudidaya buah dengan sistem greenhouse, meskipun kadang ada kendala daun rusak. Namun rata-rata banyak yang sukses panen,” ujarnya pada Senin (22/4/2024).

Lelaki 25 tahun ini sudah menekuni usaha tersebut sejak dua tahun yang lalu, dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya. Di lahan yang disulap jadi tempat budidaya melon ini ditanami sekitar 1.100 pohon melon jenis sweet net asal Thailand.

“Perawatan sehari-harinnya mungkin menyiram dan memetik dedaunan yang rusak saja, sambil mengecek perkembangan buah melonnya. Dari awal hingga bisa panen itu rata-rata membutuhkan waktu 60 hari atau sekitar kurang lebih dua bulanan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *