Terkini

Hadiri Harlah IPHI Ke- 34, Emil Dardak: Jaga Esensi Haji Mabrur Sepanjang Hayat

1566
×

Hadiri Harlah IPHI Ke- 34, Emil Dardak: Jaga Esensi Haji Mabrur Sepanjang Hayat

Sebarkan artikel ini
IPHI
H. Emil Elestianto Dardak, (paling kiri), Ketua Umum IPHI Jawa Timur saat acara Harlah ke-34. (Foto: Mwd for Beritabangsa.id).

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) memperingati Harlah ke- 34 secara serentak di seluruh Indonesia dan menyantuni 34 ribu anak yatim pada Jumat (22/3/2024).

Di Jawa Timur sendiri diadakan di panti asuhan Bina Insan Taqwa, Jalan Simorejo XI/ 17 Surabaya.

Scroll untuk melihat berita

Hj Diana Puspitawaty, Ketua Panitia penyelenggara menyampaikan, harlah ke- 34 ini bertepatan dengan ramadan, maka dari itu acara ini diadakan di panti asuhan dengan maksud berbagi berkah di bulan yang penuh ampunan ini.

“Sebetulnya bukan hanya saat harlah saja kegiatan seperti ini kita lakukan, namun ini karena momennya pas ramadan, kita berharap keberkahan dan kebahagiaan ini bisa sama-sama dirasakan oleh anak-anak kami yang ada di panti asuhan ini,” tuturnya saat dikonfirmasi Beritabangsa.id.

Emil Elestianto Dardak, Ketua Umum IPHI Jawa Timur didampingi Pembina Majelis Taklim Perempuan (MTP) IPHI Arumi Bachsin mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan berharap agar seluruh lapisan yang ada di IPHI tetap guyub rukun.

“Terutama untuk MTP IPHI Jawa Timur ini, Alhamdulillah yang saya lihat adalah yang paling aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif,” tuturnya.

Foto bersama anak-anak panti asuhan Bina Insan Taqwa

Emil juga berharap agar IPHI menjadi wadah yang positif dalam melaksanakan segala program untuk kemaslahatan umat.

Sosok peraih gelar PhD atau Doktor di Jurusan Ekonomi Pembangunan dan menjadi lulusan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University ini menjelaskan, di IPHI masih banyak jalur-jalur yang harus dibenahi dan ditingkatkan.

Selain sebagai pendamping bagi para calon jemaah haji diharapkan nantinya IPHI bisa menjadi mitra bagi penyelenggara haji untuk bisa membimbing dan berbagi pengalaman hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan haji.

“Yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita bisa menjadi wadah untuk berbuat baik dan beramal jariyah bersama, karena esensinya adalah mabrur sepanjang hayat,” ungkapnya.

Yang berarti, lanjut Emil, bahwa ibadah haji tidak hanya berhenti dan selesai dalam melaksanakan ibadah haji saja, namun lebih dari itu, bagaimana sikap dan perilaku setelah kepulangan dari tanah suci bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi sesama.

Senada, Hj Dewi Masitoh, Ketua MTP IPHI Jawa Timur, menyampaikan harapannya, agar tetap mengedepankan kepentingan umat sebagai bentuk menjaga ukhuwah islamiah dan bentuk implementasi IPHI dalam membantu terwujudnya Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *