Kesehatan

Biasakan Berperilaku Bersih dan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit

678
×

Biasakan Berperilaku Bersih dan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit

Sebarkan artikel ini
Penyakit
Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, saat memberikan paparan hidup bersih dan sehat

Berolahraga secara rutin, kata Supratman mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam sistem imunitas tubuh. Olahraga secara rutin tidak hanya mengoptimalkan daya tahan tubuh, namun juga membantu menjaga berat badan ideal sehingga terhindar dari obesitas.

“Mencukupi asupan Vitamin C dan Vitamin D, karena zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem imun. Sehingga, penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C dan D, tak terkecuali pada musim hujan,” ungkap wakil rakyat asal Kecamatan Senduro ini.
.
Dari data yang diperoleh awak media, untuk kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan laki-laki sebanyak 90 mg. Masyarakat bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, dan brokoli secara rutin. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan sesuai anjuran dokter. Sedangkan untuk dapat memenuhi kebutuhan Vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin D dan suplemen tambahan. Adapun kebutuhan harian Vitamin D adalah 400-800 iu, tergantung dari usia dan kondisi tubuh.

Scroll untuk melihat berita

“Istirahat dan tidur yang cukup juga untuk menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah dengan istirahat dan tidur yang cukup selama 7-9 jam per harinya. Hal ini penting dilakukan agar tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan energi. Mencukupi waktu tidur juga diketahui mampu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas,” himbaunya.

Dan pencegahan penularan virus dan bakteri penyebab penyakit yang sering terjadi saat musim hujan dapat dilakukan melalui vaksinasi secara rutin. Beberapa jenis vaksinasi rutin yang disarankan adalah vaksinasi influenza setiap 1 tahun sekali serta vaksinasi difteri dan tetanus setiap 10 tahun sekali.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *