Kesehatan

Biasakan Berperilaku Bersih dan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit

676
×

Biasakan Berperilaku Bersih dan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit

Sebarkan artikel ini
Penyakit
Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, saat memberikan paparan hidup bersih dan sehat

Kemudian, dikatakan politisi PDIP ini, kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Sebab kuman penyebab penyakit sering kali ditularkan melalui tangan. Oleh karena itu, disarankan Supratman, untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya setiap sebelum memasak, sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet.

“Kalau tidak ada sabun, juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan apabila tidak menemukan akses air mengalir dan sabun,” ungkapnya.

Scroll untuk melihat berita

Dengan menuhi kebutuhan cairan dalam tubuh manusia, menurut Supratman, diketahui dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan cairan yang dikonsumsi dapat membantu tubuh mengeluarkan sisa-sisa proses metabolisme dan racun secara optimal.

“Saya sarankan kepada masyarakat untuk minum air mineral kurang lebih 2 liter per harinya,” tambahnya.

Pada lingkungan, Supratman, menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan 3M Plus. Seperti genangan-genangan air di musim hujan sering kali menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk sendiri merupakan salah satu vektor pembawa beberapa jenis penyakit, seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

“Salah satu cara membasmi nyamuk adalah dengan menerapkan 3M plus. 3M plus merupakan program menjaga kebersihan lingkungan yang terdiri dari menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi, drum, dan toren air secara rutin,” imbuhnya.

3M Plus lanjutnya yaitu dengan menutup tempat penampungan air. Memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas, atau mengubur sampah yang mudah diurai. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk di kolam atau akuarium. Memasang kasa nyamuk pada ventilasi dan jendela dan Menanam tanaman pengusir nyamuk.

“Berolahraga secara rutin, sebab dengan melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga secara rutin adalah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang tidak kalah penting,” ucapnya lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *