Pembangunan

Pemdes Pelem Gelar Musrenbang Susun Pembangunan Desa

99
×

Pemdes Pelem Gelar Musrenbang Susun Pembangunan Desa

Sebarkan artikel ini
Pembangunan desa
Suasana Musrenbang Desa Pelem tengah Kades Pelem Muji Alam

BERITABANGSA.ID – TULUNGAGUNG – Pemerintahan Desa (Pemdes) Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) desa, di Aula Kantor Desa, Jumat (10/3/2023).

Musrenbangdes dipimpin langsung oleh Kepala Desa Pelem Muji Alam, dihadiri seluruh unsur pemerintahan desa mulai, perangkat, BPD, Camat Campurdarat, Danramil, Kapolsek Campurdarat, DPMDes, Kepala Dusun, Tenaga Kesehatan, Tenaga Pendidik, Ketua TP-PKK, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Masyarakat, Ketua RT/RW dan Pendamping Desa, LPM serta Karang Taruna.

Scroll untuk melihat berita

Muji Alam, Kepala Desa Pelem, Musrenbangdes, menjelaskan kegiatan ini untuk membahas rancangan RKP desa di 2023, menyepakati daftar usulan tahun anggaran 2024.

”Mekanisme penyusunan program melalui usulan dan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran, yang menganut prioritas,” ujarnya kepada Beritabangsa.id.

Muji, menegaskan Musrenbang 2023 ini digelar kembali seperti sebelum terjadi pandemi. Dia sangat mengapresiasi karena kegiatan terselenggara sukses.

Kegiatan ini berlangsung sesuai tahapan dan mekanisme yang telah ditentukan, bertujuan menyerap aspirasi dan mengangkat kembali usulan yang di tahun sebelumnya belum terealisasi, karena terkendala pandemi Covid-19.

“Melalui mekanisme penganggaran yang dituangkan dalam bentuk RKA, dengan adanya kebijakan tersebut, tentunya dengan hal ini nantinya akan ada kesetaraan antara desa dalam mengawal aspirasi dan usulan masyarakat,” Ujar Alam

Hal itu secara otomatis akan membuat tugas dan fungsi Pemdes Pelem menjadi lebih maksimal dalam merealisasikan kegiatan program pembangunan wilayah.

“Terkait ide dan usulan dari masyarakat kami harapkan agar kami bisa tahu apa kehendak masyarakat demi kemajuan pembangunan desa, serta kita sama-sama mengawasi anggaran dana pembanguan desa. Agar yang menjadi visi dan misi desa bisa lekas tercapai,” sambung Kades

Untuk perencanaan pembangunan ke depannya memprioritaskan kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan.

Baik wujud program maupun kegiatan pada tahun perencanaan atas tahun yang akan datang.

“Untuk rencana pemberdayaan masyarakat ada pencegahan stunting, Muspadi, sektor kesehatan, pengembangan wisata serta pembangunan karakter manusia. Hal itu sesuai instruksi Presiden,” tambahnya.

Camat Campurdarat Heru Junianto, menegaskan segala usulan maupun aspirasi masyarakat Desa Pelem akan dituangkan di Musrenbangdes dengan memperhatikan skala prioritas.

“Dengan Musrenbang Desa Pelem, diharapkan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber daya dari dalam dan luar,” tambahnya.

Dengan semangat Musrenbang ini, masyarakat diajak mewujudkan keadilan, dan kesejahteraan.

“Semoga cita-cita kita semua berjalan dengan lancar,” ujar Camat.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *