Pemerintahan

Jatim Jawara IGA Award Kemendagri 2022, Provinsi Terinovatif di Indonesia

144
×

Jatim Jawara IGA Award Kemendagri 2022, Provinsi Terinovatif di Indonesia

Sebarkan artikel ini
IGA Award
Gubernur Khofifah saat menerima penghargaan IGA Award 2022 kategori Provinsi Terinovatif Pertama dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI

Adapun keberhasilan Eko-Tren telah direplikasi oleh 8 kabupaten/kota di Jatim yakni, Kota Madiun, Probolinggo, Mojokerto, Lamongan, Magetan, Jombang, Gresik, dan Blitar. Selain itu, Eko Tren juga telah dikembangkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, IGA award 2022 merupakan inovasi di bidang pemerintahan, diberikan kepada seluruh pemerintah daerah dengan melibatkan tim seleksi dari Bappenas, Kemenpan RB, Kemenkopolhukam, akademisi dari Universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia (UI) dan media sehingga hasilnya objektif, adil dan jujur.

Scroll untuk melihat berita

Dari sini, Tito optimis mampu mendorong setiap daerah untuk berinovasi sehingga terjadi iklim kompetitif antar kepala daerah untuk memajukan daerahnya masing-masing.

“Ketika ada inovasi, maka tumbuh iklim yang kompetitif antar kepala daerah utamanya kepala daerah di daerah-daerah,” ungkapnya.

Menurut Tito, setiap tahun partisipasi indeks inovasi meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk itu, diusulkan ke Kementerian Keuangan bagi daerah yang mendapat penghargaan mendapatkan dana insentif daerah (DID) supaya motivasinya lebih tinggi lagi.

Sedangkan daerah yang belum mendapatkan penghargaan ini, mereka terpacu untuk berinovasi.

“Inovasi jantungnya kemajuan dan untuk pemerintah jantungnya birokrasi,” tuturnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *