Polri

Perwira Polda Jatim Ini Produktif Bikin Lagu, Dapat Apresiasi SBY

87
×

Perwira Polda Jatim Ini Produktif Bikin Lagu, Dapat Apresiasi SBY

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Kreatif dan inovatif jadi julukan yang cocok bagi salah satu perwira polisi di lingkungan Polda Jatim, satu ini. Kompol Muchammad Mukid, atau akrab disapa Mukid.

Di lingkungan kepolisian resort Jombang, wartawan di Jombang dan Surabaya, sudah tak asing dengan sosok ini. Kini dia menjabat Kanit III Wasidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim.

Sebelumnya, dia adalah Kasat Resnarkoba Polres Jombang. Saat menjabat Kasat Narkoba Polres Jombang, Mukid dikenal berbagai kalangan, pencipta dan aransemen lagu anti narkoba.

Hingga kepada Beritabangsa.com, Kompol Mukid mengakui sudah menghasilkan 10 lagu.

Rata-rata lagu yang diciptakan, tentang kampanye ajakan perangi narkoba dan berbagai motivasi lainnya seperti lagu berjudul ibu.

“Sudah ada 10 lagu. Saya mulai menciptakan karya lagu-lagu ini sejak tahun 2019 lalu. Alasan saya hanya senang saja buat lagu yang bisa memotivasi masyarakat, rata-rata terkait anti narkoba,” ujar Kompol Muchammad Mukid kepada Beritabangsa.com pada, Jumat (15/7/2022) siang.

Tak sekedar di situ saja, karyanya tambah meluas dikenal berbagai kalangan. Sampai pada suatu waktu satu karya lagu berjudul Ibu diapresiasi langsung oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono kala itu.

Kompol Mukid menceritakan, sekira awal Juni, telepon genggamnya berdering. Dengan santai dan sopan diangkatnya, rupanya si penelpon adalah perempuan, ajudan keluarga SBY.

Perempuan itu menjelaskan jika karya lagu berjudul ‘Ibuku’ ciptaannya dinilai menarik hati SBY yang dilihatnya melalui kanal YouTubenya.

Sehingga dia diundang ke Jakarta untuk pemberian apresiasi langsung dari SBY.

Singkat cerita, Anggota Polda Jatim Kompol Moch Mukid bersama D’Kobra Band binaannya ini hadir ke istana.

Dia memulai perjalanannya dari Jombang untuk menghadiri undangan dalam rangka haul mengenang almarhumah Ani Yudhoyono yang digelar keluarga besar Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di balai pertemuan Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (19/6/2022) lalu.

Kompol Mukid bersama sejumlah personel band bentukannya hadir di acara itu untuk memenuhi undangan keluarga besar SBY atas karya lagu ciptaannya berjudul Ibuku yang diciptakan khusus untuk almarhumah Ani Yudhoyono.

Tampak pula hadir pada acara itu, dua Wakil Presiden (Wapres) SBY, yakni Jusuf Kalla dan Budiono. Selain itu hadir Menteri Pendidikan 2009-2014, M Nuh, mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dan mantan Menko Kesra Aburizal Bakrie serta sejumlah artis.

“Kami dari Jombang, Jawa Timur ke sini untuk menghadiri undangan keluarga besar bapak Presiden ke-6 SBY dalam acara mengenang 3 tahun meninggalnya ibu Hj Ani Yudhoyono,” jelasnya melalui sambungan telepon.

Pada acara itu, SBY yang memiliki hobi melukis juga menampilkan puluhan karyanya yang diletakkan sebelum ruang acara itu digelar. Para tamu undangan yang hadir pun tampak berkeliling untuk melihat lebih detail karya lukisan Presiden RI dua periode tersebut.

Mukid dengan D’Kobra Band yang pada saat itu keliling melihat lukisan kemudian foto bersama dengan SBY. Di sela itu mereka juga foto bersama dengan kedua putra SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyono (EBY).

“Bapak SBY dan kedua putranya memberikan apresiasi lagu berjudul Ibuku yang saya ciptakan untuk Ibu Ani Yudhoyono. Beliau senang dan berterimakasih kepada kami,” kata polisi kelahiran Kabupaten Kediri ini.

Acara dimulai dari sambutan AHY dan adiknya EBY. Setelah itu, video perjalanan panjang Hajah Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono) semasa hidupnya bersama SBY diputar di layar raksasa di dalam gedung JCC.

Kemudian dilanjutkan pemutaran beberapa video lagu ciptaan SBY dan lagu karya orang lain untuk Ani Yudhoyono yang sosoknya banyak dikagumi. Ada tiga lagu karya orang lain yang diputar di hadapan keluarga SBY dan ribuan tamu undangan yang hadir.

Lagu pertama yang diputar adalah Ibuku karya Kompol Moh Mukid yang diarasemen oleh D’Kobra Band. Semua yang hadir pun mendengar dan menonton video klip pada lagu tersebut.

“Ini kebanggaan bagi kami, dimana lagu itu disukai oleh Pak SBY dan keluarganya hingga diputar di sini yang ditonton ribuan orang tamu undangan di gedung JCC,” kata mantan Kasat Resnarkoba Polres Jombang ini.

Kompol Muchammad Mukid
Kanit 3 Wasidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim, Kompol Muchammad Mukid

Lebih lanjut polisi yang sekarang bertugas di Ditresnarkoba Polda Jatim itu mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan apresiasi dari SBY dan keluarga besarnya terhadap lagu yang diciptakan beberapa hari setelah Ani Yudhoyono wafat.

Sekadar diketahui, Ani Yudhoyono meninggal dalam perawatan di National University Hospital pada 1 Juni 2019 silam. Ani Yudhoyono dirawat di Singapura sejak 9 Februari 2019 akibat sakit kanker darah.

“Sebelum menghadiri undangan di JCC, kami ziarah makam ibu Ani Yudhoyono, Presiden RI ke tiga BJ Habibie dan istrinya Ainun Habibie serta tiga mantan Kapolri, yakni Jenderal Pol (Purn) Dibyo Widodo, Jenderal Pol (Purn) Kunarto dan Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin,” pungkas polisi dengan satu bunga melati emas di pundak ini.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *