Kriminal

Polisi Ungkap Pencurian Bayi di Panti Asuhan Jombang, Ini Modus dan Motif Pelaku

38
×

Polisi Ungkap Pencurian Bayi di Panti Asuhan Jombang, Ini Modus dan Motif Pelaku

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-JOMBANG- Satreskrim Polres Jombang, mengungkap kasus pencurian bayi berusia 4 bulan dari Panti Asuhan Al Hasan Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Pelaku bernama Elida Mikahie Putri, seorang ibu muda, 26 tahun. Kini, penculik bayi asal Kecamatan Ploso, Jombang itu sudah diamankan Polisi meski belum dilakukan penahanan.

“Pelaku sudah kami amankan dengan barang bukti saat beraksi mencuri bayi di panti asuhan itu. Untuk statusnya masih belum ditahan, masih dalam pemeriksaan dan menunggu hasil rekomendasi,” ujar Kasatreskrim Polres Jombang AKP Giadi Nugraha, Senin (13/6/2022).

Barang bukti itu antara lain, mobil Toyota Calya nopol L-1318-MB sarana melancarkan aksi pelaku. Sedangkan bayi yang diculik bernama Zakia Jihan Kamelia itu, sudah diberikan kembali ke panti asuhan.

Modus Pelaku Ingin Adopsi Bayi

Penculikan
Sosok ibu muda pelaku penculikan bayi

Lanjut AKP Giadi, dia ingin melakukan adopsi bayi jadi modus pelaku dalam beraksi. Diceritakan sebelumnya, Elida datang bersama anaknya yang masih berusia 2 tahun ke panti asuhan Al Hasan Jombang.

Begitu tiba di panti asuhan pukul 16.00 WIB, Sabtu (11/6/2022) lalu, Elida langsung ditemui oleh pihak panti setempat.

Kata AKP Giadi, pelaku meminta untuk membawa bayi karena akan melakukan adopsi.

“Mekanismenya panjang, datang dengan alasan ingin adopsi anak. Tapi sama pihak panti awalnya tidak diizinkan, namun pelaku terus beralasan jika kondisi bayi tidak sehat dan mau dibawa ke dokter. Tapi pelaku tetap main di dalam dan membawa kabur bayi ketika pengasuh panti salat ashar,” jelasnya.

Pelaku kabur menggendong bayi sambil menyetir mobil sendiri. Akhirnya, pihak panti melaporkan kasus itu ke polisi. Tak selang beberapa lama, polisi datang dan meminta keterangan.

“Pelaku membawa kabur dengan anaknya dengan mobil. Bayi itu dibawa sendiri sambil nyetir,” bebernya.

Motif Pelaku Ingin Punya Anak Lagi

Penculikan
Kasat reskrim Polres Jombang AKP Giadi saat menunjukkan mobil yang dibawa pelaku untuk menculik bayi

Setelah pelaku diamankan, terungkap motif pelaku kenapa mencuri bayi.

Kata AKP Giadi, motif ibu muda yang melakukan pencurian bayi itu yakni ingin mempunyai anak lagi.

“Jadi pelaku ini ingin punya anak lagi, maka ingin mengadopsi anak bayi,” tutur AKP Giadi di halaman kantor Satreskrim Polres Jombang.

Sebelum ke panti Al Hasan, Kasatreskrim Polres Jombang menjelaskan pelaku sempat mengincar anak di Panti Asuhan dekat kawasan Ringin Contong Jombang.

“Tapi di panti dekat Ringin Contong itu, tidak ada bayi. Sehingga dia mencari panti yang memang ada anak bayi yakni Panti Asuhan Al-Hasan, Diwek, Jombang,” paparnya.

Ditanya soal penahanan pelaku, Giadi menjelaskan masih menunggu rekomendasi dari dinas terkait dan instansi kesehatan. Rekomendasi ini, kondisi kejiwaan pelaku.

“Sampai sekarang belum ditahan. Dia sudah diperiksa. Hasilnya sore ini akan keluar rekomendasinya. Karena dari pemeriksaan awal, pelaku ini diduga menderita tekanan mental usai bercerai dari suaminya,” imbuhnya.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *