Pendidikan

Unair Mewisuda 160 Penerima Beasiswa, Salah Satunya Anak Tukang Tambal Ban

1114
×

Unair Mewisuda 160 Penerima Beasiswa, Salah Satunya Anak Tukang Tambal Ban

Sebarkan artikel ini
160 Penerima Beasiswa
Asrul Rochim, salah satu penerima beasiswa KIP K, saat diwawancarai tim PKIP Universitas Airlangga dalam Wisuda 242 UNAIR pada Sabtu (15 Juni 2024) di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C.

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Tak ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena masalah biaya. Hal ini menjadi misi yang Universitas Airlangga (UNAIR) wujudkan. Terbukti bahwa pada Wisuda Periode 242, Unair resmi mewisuda 160 penerima beasiswa.

Beasiswa itu terdiri atas beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K), beasiswa afirmasi pendidikan tinggi (ADik), dan bidikmisi.

Wisuda UNAIR Periode 242 berlangsung pada Sabtu (15/6/2024) di Airlangga Convention Center (ACC) Kampus MERR-C UNAIR.

Pada kesempatan yang sama Asrul Rochim, salah seorang penerima beasiswa KIP K, menceritakan perjuangannya hingga berhasil menjadi wisudawan Unair.

Asrul mengungkapkan bahwa ia berasal dari keluarga tidak mampu. Ayahnya adalah seorang tukang tambal ban. Sementara ibunya adalah ibu rumah tangga yang saat itu sedang sakit.

“Ayah saya tukang tambal ban di pinggir jalan. Ibu saya ibu rumah tangga dan saat itu sedang sakit. Saat ini keduanya telah meninggal dunia,” ungkapnya.

Asrul menuturkan bahwa dirinya diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) pada 2020.

“Sejak awal seleksi SBMPTN memang saya sudah mengajukan beasiswa KIP K. Hal ini saya lakukan untuk membantu ekonomi keluarga,” tuturnya.

Kata Asrul penghasilan sang ayah saat itu pas-pasan dan hanya cukup untuk makan sehari-hari. Namun berkat tekadnya yang kuat, permasalahan ekonomi tak menghentikan mimpi Asrul untuk melanjutkan kuliah.

“Saya merupakan seorang sarjana pertama di keluarga. Saya sangat bahagia meskipun orang tua saya telah tiada. Tapi saya percaya bahwa beliau pasti bangga,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *