Nasional

Pemerintah RI Gelontor PIP Hingga Rp23,8 Triliun

583
×

Pemerintah RI Gelontor PIP Hingga Rp23,8 Triliun

Sebarkan artikel ini
PIP
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Saat Wawancara Kepada Awak Media di Halaman GOR Mustika Blora Usai Serahkan Bantuan PIP

BERITABANGSA.ID, BLORA – Pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo secara simbolis menyerahkan bantuan program Indonesia pintar (PIP) 2024 kepada para pelajar SD, SMP, SMA di GOR Mustika Blora, Selasa (23/1/2024).

Presiden Jokowi mengatakan persaingan, dan tantangan ke depan sangat sulit. Persaingan antar negara juga semakin ketat. Untuk itu semua sumberdaya manusia anak-anak di Indonesia harus sekolah.

Scroll untuk melihat berita

“Saya minta bapak ibu semua mengawasi anak anaknya agar belajar dengan serius dan benar,” ucapnya.

Lanjut Jokowi, pemerintah menyiapkan anggaran Rp20 triliun untuk KIP, dan Rp12,8 triliun untuk KIP kuliah.

“Saat ini sudah 960.000 anak dapat KIP kuliah, oleh sebab itu semua harus kuliah dan harus belajar dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut besaran untuk tingkat SD sebesar Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu, SMA yang awalnya Rp1juta naik menjadi Rp1,8 juta.

“Kenapa ada kartu PIP untuk SD/SMP/SMA dan kartu KIP kuliah? Agar anak – anak yang pintar tidak usah bingung biaya dari KIP kuliah dan ada LPDP, karena pemerintah menyediakan biaya, karena itu terus manfaatkan sebesar- besarnya,” ucapnya, di halaman GOR Mustika Blora

Presiden juga berpesan uang KIP harus dipakai untuk hal-hal yang terkait kebutuhan sekolah, beli buku, alat tulis, dan seragam sekolah.

“Tidak boleh untuk beli pulsa ya,” pungkas Presiden.

Sementara itu, salah satu pelajar dari SMK PGRI Blora, Yeni mengatakan sejak kelas 6 SD sudah mendapat PIP hingga kelas 3 SMK ini.

“Mendapat terus, dan Alhamdulillah sangat terbantu, dan setiap dapat pasti saya buat untuk membeli kebutuhan sekolah seperti peralatan sekolah, baju dan sepatu,” ucapnya.

Ia juga senang dan berterima kasih kepada Presiden yang telah memberikan PIP bagi para pelajar Indonesia.

“Bapak saya petani, dengan adanya bantuan ini sangat membantu sekali,” tuturnya.

Usai pembagian PIP, Presiden juga membagikan 2 sepeda kepada dua siswa yang maju kemudian membagikan kaus ke sejumlah pelajar yang datang.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *