Terkini

Wujudkan Konsep Pesantren BERSEMI di Indonesia Unusa Hadir Dengan CEHP

944
×

Wujudkan Konsep Pesantren BERSEMI di Indonesia Unusa Hadir Dengan CEHP

Sebarkan artikel ini
Pesantren bersemi
Tim CEHP saat di Pondok Pesantren Babussalam Pamekasan

Salah satu inovasi teknologi yang dihasilkan oleh CEHP UNUSA adalah UNU-Water, sebuah sistem filtrasi air yang mudah, murah, dan menggunakan bahan lokal di sekitar pesantren.

“UNU-Water telah teruji mampu menyaring berbagai jenis air limbah dan air sungai, menjadikannya layak untuk keperluan sanitasi sehari-hari, seperti mandi, mencuci, wudhu’, dan menyediakan air minum bagi pesantren. Sistem ini sudah dipasang di beberapa pesantren di Jawa Timur sejak tahun 2021,” ungkapnya, Sabtu (20/01).

Scroll untuk melihat berita

Achmad Syafiuddin melanjutkan, tahun 2024, YDSF bersama UNUSA telah sukses memasang UNU-Water di Pondok Pesantren Babus Salam di Desa Kangenan, Kabupaten Pamekasan.

PP Babus Salam salah satu pesantren yang mengalami kendala penyediaan air bersih. Kegiatan ini berhasil mengubah air tanah yang tidak layak menjadi air yang dapat digunakan oleh santri sehari-hari.

Pemasangan dan pengadaan alat UNU-Water ini didanai penuh oleh YDSF Surabaya, sedangkan teknologinya dibackup Unusa.

“CEHP UNUSA berkomitmen untuk menyediakan air bersih bagi sekitar 16,000 pesantren tradisional di Indonesia. Oleh karena itu, kerjasama dengan berbagai pihak diperlukan agar seluruh pesantren tradisional di Indonesia dapat menikmati akses air bersih yang layak,” jelasnya.

Sebagai upaya mendukung pembangunan berkelanjutan, Syafiuddin menegaskan bahwa CEHP Unusa akan terus memantau dan mengevaluasi dampak program ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *