Kreatif

Tips Buat Bunda Untuk Penuhi Kecukupan Gizi Anak dalam Makanan

662
×

Tips Buat Bunda Untuk Penuhi Kecukupan Gizi Anak dalam Makanan

Sebarkan artikel ini
Gizi
Dosen Ilmu Keperawatan Unmuh Jember, Susi Wahyuning Asih menjelaskan pentingnya menerapkan pedoman Isi Piringku kepada ibu-ibu di Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah/ Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Bunda, gizi tidak hanya mempengaruhi tinggi, pendek, gemuk dan kurusnya anak, lebih dari itu, gizi mempengaruhi banyak aspek kesehatan.

Asupan gizi pada anak sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang mereka loh, Bunda.

Scroll untuk melihat berita

Nutrisi yang sesuai dengan usia akan membantu memaksimalkan pertumbuhan mereka. Semakin sempurna nutrisi yang diberikan, semakin sempurna pula perkembangan otak dan fisik mereka.

Pentingnya gizi bagi perkembangan anak tersebut jangan sampai disepelekan loh, Bunda. Pasalnya, tidak terlengkapinya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi terhambat. Bahkan pada beberapa kasus, kurangnya gizi tersebut dapat berakibat fatal bagi anak.

Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Susi Wahyuning Asih membagikan hasil penelitiannya yang berjudul ‘Pengembangan Model Pemberdayaan Keluarga Berbasis Transcultural Nursing terhadap Resiliensi Pencegahan Balita dengan Problem Tumbuh Kembang (PTK) di Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember’ terkait kebiasaan masyarakat dalam memberi makan kepada anaknya.

Susi menyampaikan, masih banyak bunda yang menyajikan makan untuk anaknya dengan porsi karbohidrat yang berlebihan.

“Nasinya banyak, lauknya sedikit ditambah lagi kerupuk, nasi tersebut sudah karbohidrat, pun demikian kerupuk itu bahannya tepung yang berarti juga karbohidrat lagi, itu kurang baik untuk kesehatan,” ujar Susi.

Susi mengajak bunda untuk mempraktekan pedoman ‘Isi Piringku’ dalam menyajikan makan untuk anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *