Kreatif

Buka Kampoeng Kreasi 2023 ke-4, Gubernur Khofifah Dorong Maksimalkan Potensi Desa Devisa

207
×

Buka Kampoeng Kreasi 2023 ke-4, Gubernur Khofifah Dorong Maksimalkan Potensi Desa Devisa

Sebarkan artikel ini
Kampoeng kreasi

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong optimalisasi potensi desa devisa di Jawa Timur lewat berbagai cara.

Salah satunya, pendampingan, pelatihan dan pameran Kampoeng Kreasi IV yang digelar pada 1-4 Juni 2023 di Center Point, Lt. Ground Royal Plaza, Surabaya.

Scroll untuk melihat berita

Acara bertajuk “Desa Berdaya Masyarakat Sejahtera” ini menghadirkan berbagai produk ekonomi UMKM, BUMDES, Pondok Pesantren dan kelompok usaha lainnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan, maksimalisasi potensi Desa Devisa penting terus dilakukan. Sebab sebagai provinsi dengan Desa Devisa terbanyak di Indonesia, perekonomian Jawa Timur harus dikuatkan oleh perdagangan luar negeri, terutama para pelaku usaha di desa hingga dunia industri .

Pertumbuhan perdagangan luar negeri terus didongkrak melalui East Java International Trade Festival (EJITF) yang sukses mencatat transaksi Rp1,83 triliun pada 30-31 Mei, sebagai tindak lanjut misi dagang Pemprov Jatim ke Saudi Arabia, Hongkong, Malaysia, dan Timor Leste.

“Ini akan jadi pendorong tumbuh dan kembangnya Desa Devisa di Jawa Timur. Maka Pameran Kampoeng Kreasi yang sudah punya produk khas ini saya harapkan jadi embrio baru bagi pengembangan desa devisa di Jawa Timur,” ujarnya, Kamis (1/6).

Maksimalisasi Desa Devisa dapat dilakukan melalui program inovasi, kreativitas dan sinergitas berbagai pihak.

Sinergitas ini dapat dilakukan untuk membuka akses program Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

“Lewat LPEI ini kita bisa dapatkan berbagai aksesibilitas dan pendampingan sesuai kualifikasi agar bisa tumbuh dan berkembang. Kualifikasi ini yang pertama, produknya original dari desa yang bersangkutan. Kedua, di desa itu harus ada asosiasi, entah koperasi atau kelompok usaha lainnya, dan ketiga sesuai standart eksport” jelasnya.

“Saya minta sinergi ini dikuatkan, karena ada target cukup besar dari Bu Menteri Keuangan untuk menyiapkan Desa Devisa. Insya Allah kita bisa, karena selama ini saya sendiri keliling dari desa ke desa. Berawal dari 2 desa, 15 desa, sampai tercatat kemarin sudah ada 102 Desa Devisa di Jatim. Ini terbanyak di Indonesia,” pungkasnya.

Untuk itu, Khofifah meminta pendampingan penuh atas usaha-usaha yang dilakukan di desa-desa. Mulai dari pendampingan pasar, pendampingan pembiayaan, hingga pendampingan packaging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *