Pemerintahan

Gubernur Khofifah Saksikan Penandatanganan Perjanjian KPU dan Polda Jatim

518
×

Gubernur Khofifah Saksikan Penandatanganan Perjanjian KPU dan Polda Jatim

Sebarkan artikel ini
Rapim
Gubernur Jawa Timur Beserta KPU Jatim dan Polda Jatim Dalam Acara di Hotel Double Tree

BERITABANGSA.ID,SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir membuka rapat pimpinan dan konsolidasi wilayah dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 KPU Provinsi dan kabupaten/jota se Jawa Timur di Surabaya, Minggu, 24 Desember 2023.

Khofifah tiba di lokasi, Hotel DoubleTree by Hilton Surabaya, bersama Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Polisi Imam Sugianto dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Bay, disambut langsung oleh ketua, anggota, dan sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur.

Scroll untuk melihat berita

Di awal acara, Gubernur Khofifah menyerahkan santunan kepada anak yatim, dilanjut menusuk balon tanda Rapim dibuka.

Khofifah juga menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara KPU dan Polda Jatim tentang sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 di Wilayah Jawa Timur.

Di depan Gubernur, Ketua KPU Jatim, menyampaikan apresiasi bahwa KPU Jatim menadatangani naskah perjanjian hibah daerah (DPHD) untuk Pilkada 2024.

“Alhamdulillah, mungkin Jawa Timur satu-satunya provinsi yang pencairan anggarannya tidak hanya 40 persen, tapi 58 persen,” tutur Anam.

Hal itu kata Anam menjadi bukti komitmen untuk terus mendukung demokrasi di Jawa Timur.

“Karena dalam demokrasi, pemimpin yang berkualitas dihasilkan oleh Pemilu yang berkualitas. Sementara Pemilu yang berkualitas dihasilkan oleh penyelenggara yang berkualitas pula,” terangnya.

Anam juga melaporkan perkembangan sejumlah tahapan Pemilu di Jawa Timur, pertama KPU telah menetapkan 31.402.838 pemilih atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbesar setelah Jawa Barat.

Kemudian KPU Jatim mendapatkan penghargaan dari Kemenpan RB.

Kedua soal logistik, 90 persen sudah ada di gudang KPU kabupaten/kota.

Pada tanggal 15 Januari 2024 seluruh logistik dipastikan selesai dengan prioritas KPU Sumenep, karena pengiriman menggunakan kapal laut.

Terkait kesiapan SDM penyelenggara, KPU Jatim telah melakukan tahapan rekrutmen Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menanggapi itu Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto, dan Pangdam V Brawijaya siap memberikan dukungan penuh terhadap pengamanan logistik.

“Apalagi KPU Jatim dan Polda Jatim sudah membangun kerjasama MoU,” tutup Imam.

Rapim diikuti oleh 38 KPU kabupaten/kota, masing-masing terdiri dari ketua, anggota, dan sekretaris.

Sementara dari KPU Jatim hadir selain Anam, Anggota Miftahur Rozaq, Gogot Cahyo Baskoro, Insan Qoriawan, Rochani, Nurul Amalia, sekretaris Nanik Karsini, pejabat struktural dan fungsional.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *