Internasional

Konfercab PCINU United Kingdom: Mengglobalkan Moderasi Beragama di Britania Raya

904
×

Konfercab PCINU United Kingdom: Mengglobalkan Moderasi Beragama di Britania Raya

Sebarkan artikel ini
PCINU

BERITABANGSA.ID, LONDON – Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU UK) menyelenggarakan Konferensi Cabang pada Ahad (10/12/2023) kemarin.

Agenda ini dilangsungkan di aula KBRI London, di 30 Great Peter St, London, Inggris Raya.

Scroll untuk melihat berita

Hadir puluhan kader Nahdliyyin Inggris Raya dari berbagai kota, diantaranya London, Southampton, Warwick, Birmingham, Edinburgh, Oxford, Essex, Sheffield, serta beberapa kota lainnya.

Agenda ini juga dihadiri oleh ulama asal Inggris Paul Shalahuddin Amstrong, DCM KBRI London Khasan Ashari, serta beberapa diplomat dan staf KBRI London, juga hadir beberapa pemuka masyarat Indonesia di London.

Dalam Konfercab ini, PCINU United Kingdom juga mengusung tema untuk menginternasionalkan moderasi beragama.

Hal ini merupakan tugas dari berbagai elemen diaspora Indonesia termasuk di Inggris Raya untuk menggemakan, menguatkan dan mentransformasikan nilai-nilai moderasi beragama khususnya dari Indonesia ke arena global.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Konfercab Abdul Syakir menyatakan, konflik kemanusiaan di Gaza adalah hal yang sangat disayangkan.

Selain mengutuk aksi kejam Israel, ia meminta pemerintah RI untuk dapat terus berperan dalam mendatangkan perdamaian di sana.

Dalam konteks ini, perdamaian erat kaitannya dengan bagaimana memperjuangkan semangat beragama yang moderat.

“Konflik di Gaza adalah tantangan nyata bagi umat Muslim dalam mempertahankan nilai-nilai bahwa Islam adalah agama damai. Buktinya kita telah berupaya terus mendoronh adanya gencatan senjata, tapi sayangnya di-veto oleh Amerika,” ujar Syakir, yang bermukim di Warwick, Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *