Politik

Kirab Pemilu Tiba di Bondowoso, KPU Provinsi Jatim : Ini Semangat Ciptakan Pemilu Luber Jurdil

110
×

Kirab Pemilu Tiba di Bondowoso, KPU Provinsi Jatim : Ini Semangat Ciptakan Pemilu Luber Jurdil

Sebarkan artikel ini
Kirab Pemilu
Ketua KPU Bondowoso, Junaidi saat sambutan, dalam Kirab Pemilu di Alun-alun Bondowoso

BERITABANGSA.ID, BONDOWOSO – Kirab Pemilu 2024 akhirnya tiba di Kabupaten Bondowoso, pada Minggu (17/9/2023).

Kirab yang mengarak 18 bendera partai politik (Parpol), serta maskot Pemilu itu, diserahterimakan dari KPU Situbondo kepada KPU Bondowoso.

Scroll untuk melihat berita

Seperti diketahui, kirab Pemilu 2024 dimulai sejak 14 Februari 2023 atau tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara. Kirab Pemilu, dilepas serentak kala itu di 7 penjuru Indonesia.

Selanjutnya, secara estafet dari kabupaten/kota tempat dimulainya kirab itu secara bergiliran berestafet, sambung menyambung dan nanti akhirnya pada bulan November tiba di ibu kota, kantor KPU Pusat.

Di Bondowoso sendiri, penyambutan kirab Pemilu berlangsung meriah di Alun-alun Ki Bagus Asra. Ragam tarian daerah dan modern, serta penampilan tarik suara para pelajar disuguhkan tepat di pelataran monumen Gerbong Maut.

Pelepasan rombongan Kirab diarak dari Alun-alun Ki Bagus Asra menuju Kantor KPU Bondowoso. Seluruh komisioner KPU Bondowoso, menaiki kereta kencana, diikuti iring-iringan petugas Pemilu dari berbagai unsur, dan drumband.

Ketua Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi, mengatakan, pelaksanaan kirab Pemilu ini untuk mensosialisasikan hari pemungutan suara. Sekaligus edukasi pemilihan pada masyarakat.

Karena Pemilu sendiri merupakan sarana integrasi bangsa.

“Perbedaan pemilihan itu wajar, tapi jangan sampai terjadi membuat disharmoni sasi sosial,” tuturnya.

Gogot Cahyo Baskoro, Komisioner KPU Provinsi Jawab Timur, mengatakan dalam kasat mata ini yang dilihat adalah bendera partai politik peserta Pemilu.

Namun, sebenarnya yang dikirab ini adalah semangat untuk melaksanakan Pemilu yang Langsung Umum Bebas dan Rahasia (Luber) – Jujur dan Adil (Jurdil).

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” urainya.

Bupati Salwa Arifin, dalam kesempatan itu mengajak masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan di tengah tahapan Pemilu.

“Mudah-mudahan Pemilu bisa berjalan sukses. Ayo sukseskan Pemilu 2024,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *