Kuliner

Kreasi Sego Sambel Telo, Tantangan Baru Penghobi Pedas

153
×

Kreasi Sego Sambel Telo, Tantangan Baru Penghobi Pedas

Sebarkan artikel ini
Kreasi sambel telo

BERITABANGSA.ID – LUMAJANG – Salah satu produk olahan kreasi dari para pelaku usaha (PU) di Kabupaten Lumajang patut diapresiasi.

Dengan mengambil bahan dasar telo atau ubi jalar, diolah menjadi makanan pendamping nasi dan dinamakan sambel telo (SamTel) bermerek Utie.

Scroll untuk melihat berita

Rochimawati, owner SamTel Utie ini mengatakan kalau telo merupakan sumber makanan yang mudah dijumpai di sejumlah daerah di Indonesia, apalagi di Kabupaten Lumajang.

Cara menanamnya sangat mudah. Masyarakat pun tak asing atau suka mengonsumsi. Harganya terjangkau dan mudah didapat di pasar.

“Karena mudahnya untuk mendapatkan bahan telo tersebut, saya mencoba membuat makanan berbahan baku telo (ubi jalar) tersebut karena rasanya juga enak, serta bahan baku telo yang harganya murah meriah di pasaran,” katanya, Minggu (27/82023).

Selain itu, banyak manfaat dari mengkonsumsi telo, salah satunya sebagai antioksidan. Terutama kandungan tinggi di telo ungu.

“Telo ini bisa membantu kekebalan tubuh, mengatasi peradangan, mengatasi bronkitis dan asma, membantu atasi kanker, dan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes,” paparnya.

Telo kata Atiek, dia diolah menjadi sambel telo. Ada berbagai varian rasa pedas.

“Karena biasanya telo itu jadi kudapan menemani minum teh dan kopi saja, maka kini ingin membuat olahan dari telo beda dari biasanya, yakni dibuat sambal, teman makan nasi dan diberi topping mentimun,” jelas Atiek.

SamTel Utie ini, diungkapkan Atiek, berkomposisi bahan menyehatkan ada ikan teri, pete, kacang tanah dan telo campur sambal rempah alami.

“Kalau mau makan, kita tidak perlu menambah lauk, apabila memesan menu Sego SamTel, karena di dalam sambal tersebut sudah ada ikan teri yang juga maknyus disajikan dengan nasi putih hangat dengan topping mentimun,” ungkapnya.

Harga Sego SamTel ini cukup terjangkau yakni Rp10-15 ribu per porsi dan dijamin rasanya pasti “meledak”, karena memang dibuat khusus untuk penyuka rasa pedas.

“Dulu kita sempat buka Kantin di Sukosari Park Area. Di sana ada aneka menu, Sego Bakmoy dan Sego Kelor, aneka minuman seperti kelapa muda, beras kencur, dan kunci jahe. Kini, kita hanya melayani via online dan pre order monggo diorder,” pungkasnya.

Nah, bagi Anda yang kebetulan penghobi makanan pedas, tidak ada salahnya untuk mencicipi SamTel Utie, bisa di pesan melalui online di Utie Kitchen di nomor 085236500500.

Kreasi bahan dasar telo ini diolah di Utie Kitchen, bersama produk lain, Keripik Talas Utie, Kue Apem Utie, Kue Pukis Jadul Utie, Kue Putu Ayu Utie dan Kue Lumpur Utie.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *