Pendidikan

Gubernur Jatim Pantau PPDB SMA/SMK, Hari Ini Tercatat 250.802 Peserta Ambil PIN

196
×

Gubernur Jatim Pantau PPDB SMA/SMK, Hari Ini Tercatat 250.802 Peserta Ambil PIN

Sebarkan artikel ini
PIN PPDB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wahid Wahyudi saat meninjau pelaksanaan seleksi PPDB tahun lalu

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi menyebut sejak tahapan pengambilan PIN dibuka, tercatat sebanyak 250.802 siswa ajukan PIN per Jumat (16/6) pukul 09.00 WIB.

Sedangkan jumlah PIN yang sudah terverifikasi sebanyak 230.863 berkas.

Scroll untuk melihat berita

Dari jumlah itu, rinci Wahid, sebanyak 9.456 siswa salah berkas. Ini meliputi, ungguh foto KK yang tidak terbaca oleh sistem, kelengkapan upload file SKD (Surat Keterangan Domisili) untuk orangtua yang pindah tugas. Unggah data ini sering terlewat bagi jalur pindah tugas orangtua.

“Misalnya, ada siswa yang orangtua dipindah tugas ke Surabaya dari Semarang. Saat login ada tanggal terbit KK, ini jika mendaftar di jalur pindah tugas orangtua maka yang dimasukkan tanggal terbit domisili,” urai Wahid.

Permasalahan lainnya adalah, penitikan rumah yang tidak akurat. Permasalahan ini akan diselesaikan dengan pemberitahuan banding oleh operator dengan memberikan rekomendasi ketepatan atau akurasi lokasi rumah sesuai alamat KK.

Wahid menambahkan saat ini ada 10.483 CPDB dalam proses verifikasi dan validasi oleh operator dinas.

Dalam menyelesaikan persoalan PPDB ini, Wahid telah menyiapkan 36.000 operator yang ditempatkan di kantor Dindik Jatim, kantor Cabang Dindik Jatim, dan SMA/SMK negeri terdekat.

Agar proses verifikasi lebih cepat, ia juga mengaku setiap operator bisa menyelesaikan lebih dari 60 berkas terverifikasi per harinya.

“Dengan puluhan ribu layanan operator yang kami siapkan untuk menyelesaikan PPDB tahun 2023 ini, kami berharap tidak ada masyarakat yang kesulitan dalam mengakses website PDDB Jatim,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *