Ekonomi Dan Bisnis

Gala Event Bulan Pancasila, Cara Dongkrak UMKM Go Internasional

275
×

Gala Event Bulan Pancasila, Cara Dongkrak UMKM Go Internasional

Sebarkan artikel ini
Gala event
Sejumlah narasumber saat memberikan paparan

BERITABANGSA.ID – LUMAJANG – Gala event bulan Pancasila merupakan acara sosialisasi kepada pelaku usaha (PU) terkait perizinan dan akses permodalan di wilayah Kabupaten Lumajang.

Tujuannya, meningkatkan UMKM menuju Go Internasional.

Scroll untuk melihat berita

Turut hadir sejumlah narasumber, yakni Rektor dan beberapa Dekan ITB WidyaGama Lumajang.

Dari kegiatan sosialisasi perizinan ada dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) pendampingan UMKM, Asia Council for Small Business (ACSB) untuk sektor bisnis ekspor, Halal Center Cendekia Muslim (HCCM) Kantor Cabang Lumajang untuk sertifikasi halal, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang untuk akses izin edar.

“Ada pula dari Bank Indonesia Perwakilan Jember dan Kantor Pegadaian Cabang Lumajang, yang kami hadirkan sebagai akses permodalan bagi pelaku usaha. Dan juga tokoh pakar pakar dan sekaligus praktisi media dari Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur,” kata Rektor ITB WidyaGama Lumajang, Dr. Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE, MM, Senin (5/6/2023).

Menurut Ratna, dia sangat berterimakasih, karena telah dihadiri tamu-tamu yang hebat- hebat di kampusnya.

Ada 100 pelaku UMKM di Kabupaten Lumajang ikut aktif.

“Kami sebagai tuan rumah sangat bangga dan berharap atas terselenggaranya kegiatan ini, pelaku UMKM dapat meningkat dan bisa go internasional dengan bimbingan kami,” ungkapnya.

Mewakili dari ISEI, Dr Zainuri MSi, menerangkan dalam pelaksanaan pembangunan tidak bisa diserahkan kepada satu pihak saja, namun harus dengan keterlibatan banyak pihak.

“Sebagai pembina, kami mempunyai desain dalam mengawal UMKM agar dapat berdaya saing global, semisal dengan membuat program Camp UMKM, yang waktunya bukan sebentar, bisa hingga 3 bulan, dari situlah akan mengetahui sukses programnya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *