Publik Service

Bupati Malang Bagikan Sertifikat PTSL di Bululawang, Terbanyak se Jatim

110
×

Bupati Malang Bagikan Sertifikat PTSL di Bululawang, Terbanyak se Jatim

Sebarkan artikel ini
PTSL Malang
Bupati Malang H.M Sanusi (kiri) bersama Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Malang saat membagikan sertifikat PTSL di Desa Bululawang

BERITABANGSA.ID – MALANG – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan kebijakan pemerintah di era Presiden RI Joko Widodo agar status tanah di seluruh Indonesia rampung pada 2025.

Untuk Kabupaten Malang pada 2023 ini mendapatkan jatah terbanyak se Jawa Timur.

Scroll untuk melihat berita

Menurut Bupati Malang HM Sanusi, Kementrian Agraria dan Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meminta jajaran di daerah untuk segera menyelesaikan program PTSL ini sesuai jadwal.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Malang tahun ini mendapatkan jatah sertifikat PTSL terbanyak se Jatim,” kata Bupati Malang, di Desa Bululawang, Senin (5/6/2023) siang.

Abah Sanusi menambahkan, berkat kerja keras, tanah wakaf sebanyak 500 bidang bisa selesai dalam sebulan dan gratis.

“Saya minta pada Pak La Ode tidak usah pindah dulu dari Kabupaten Malang, sampai semua urusan PTSL selesai termasuk kemarin menyelesaikan tanah wakaf kurang lebih 500 bidang tanpa bayar karena sudah dibayar Pemkab Malang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor ATR BPN Kabupaten Malang, La Ode Asrafil menyebut, di Kabupaten Malang di 2023 ini ada 53.000 bidang tanah masuk PTSL, selain masih ada program di luar PTSL.

“Sertifikasi distribusi tahun ini ada 1144 bidang, ada juga sertifikasi Lintor (Lintas Sektor) kerjasama dengan perikanan UMKM ada 875 bidang, juga ada tanah ibadah sertifikasi, jadi semua tanah ibadah, dan untuk tahun ini tanah wakaf sebanyak 625 bidang, penyerahan sertifikasi tanah wakaf rencananya akan diserahkan langsung oleh Menteri ATR BPN,” terang La Ode.

Pada 2023 ini, di Kabupaten Malang ada 19 desa dengan 5 kecamatan yang melaksanakan program PTSL dengan 52.000 bidang tanah.

“Mudah-mudahan nanti pada bulan Oktober kita sudah menyerahkan secara keseluruhan, jadi kita tuntaskan 100 persen,” tandasnya.

Untuk Desa Bululawang, tahun ini mendapat 1.500 kuota bidang tanah PTSL, yang hari ini dibagikan 500 sertifikat bidang tanah.

Pada 2023 ini, kantor ATR BPN Kabupaten Malang telah merealisasi sebanyak 60 persen bidang tanah, ada sekitar 40 persen bidang tanah yang belum.

“Semoga program PTSL yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini berjalan dengan lancar,” pungkas La Ode Asrafil.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *