Pendidikan

Sambut Indonesia Emas, Gubernur Khofifah Minta SMK Perkuat Pendidikan Vokasi

159
×

Sambut Indonesia Emas, Gubernur Khofifah Minta SMK Perkuat Pendidikan Vokasi

Sebarkan artikel ini
LKS Jember

BERITABANGSA.ID-JEMBER – Lomba kompetensi siswa (LKS) pada 2023 tingkat provinsi resmi dibuka Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sebanyak 54 bidang lomba diselenggarakan dalam LKS ke-31 ini.

Scroll untuk melihat berita

Ajang adu skill sesuai kompetensi keahlian siswa SMK ini diikuti 1.653 peserta dari SMK Negeri dan swasta se -Jatim.

LKS berlangsung mulai 23 – 26 Mei 2023. Gelaran bergengsi tingkat provinsi ini diharapkan dapat menghasilkan siswa terbaik SMK Jawa Timur untuk beradu skill di tingkat nasional pada ajang LKS tingkat Nasional Oktober mendatang.

Khofifah menuturkan ajang ini untuk mewadahi siswa yang unggul dan kompeten untuk mempunyai daya saing yang kompetitif, selain untuk menyiapkan perwakilan Jatim di tingkat nasional.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga meminta agar sekolah, guru dan tenaga kependidikan untuk bersama-sama merealisasikan Perpres no 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Menurutnya, LKS yang sedang berlangsung ini sesuai dengan komitmen Pemprov Jatim dalam upaya meningkatkan kualitas SDM unggul menuju Jatim sebagai provinsi vokasi.

“Di SMK anak-anak di ajarkan dengan 70 persen praktik dan 30 persen teori. Selain memperbanyak link and match dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), saat ini pendidikan vokasi juga didorong untuk menyelenggarakan pelatihan dan kursus keterampilan berbasis kompetensi, future job, reskilling, dan upskilling,” ujar Khofifah, Selasa (23/5).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *