Kreatif

Cantiknya Tas Anyaman Plastik di Jombang Ini, Omzet Melejit Jelang Lebaran

130
×

Cantiknya Tas Anyaman Plastik di Jombang Ini, Omzet Melejit Jelang Lebaran

Sebarkan artikel ini
Tas anyaman plastik
Tampak Citra, produsen tas anyaman plastik di Jombang yang alami banjir orderan jelang lebaran. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID – JOMBANG – Warna warni tas anyaman plastik menghiasi ruang tamu kediaman Citra Arista (35) di Desa Catak Gayam, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang pada Rabu (12/4/2023) siang.

Ratusan tas itu merupakan hasil kerajinan tangannya sendiri, produk itu sudah siap diantar ke sejumlah pelanggan.

Scroll untuk melihat berita

Sekira pukul 13.00 WIB, ibu rumah tangga pemilik usaha rumahan itu sedang sibuk menganyam.

Bahan utama kerajinan itu yakni plastik sintetis dan plastik kaca dengan beragam warna. Prosesnya bermula dari pemotongan plastik berukuran 70 cm.

“Setelah itu ya digabung dengan warna lainnya sesuai keinginan atau contoh pemesanan. Kemudian dianyam secara manual dengan tangan, hingga berbentuk seperti tas itu. Cukup lama dan harus dilakukan dengan telaten,” ujar Citra Arista, sambil menganyam.

Kemudian berlanjut ke tahapan pembuatan tali tas dari bahan sama. Agar terlihat makin cantik dan menarik, pegangan tas dibungkus selang kecil berwarna putih jernih.

“Setelah itu tinggal dihias sesuai yang diinginkan. Mau ditambahin hiasan bunga tah apa gitu di depan, kadang kan ada pelanggan yang minta simple dan ada juga yang pesan di depannya diberikan hiasan,” katanya.

Membuat kerajinan itu, Citra tak seorang diri. Sabab hari ia juga dibantu sejumlah ibu-ibu rumahan. Sejumlah karyawannya itu, cukup mengambil tali di rumahnya kemudian dikerjakan di rumah mereka.

Rupanya, usaha ibu dua anak ini sudah sekitar 5 tahunan lalu. Mulanya, ia hanya berprofesi sebagai guru. Namun begitu usai mengajar, ia mengaku sering bosan lantaran tak ada yang dikerjakan saat pulang ke kediaman.

“Usaha ini sudah sejak 2018 lalu, inisiatifnya dari kan saya jadi guru nah pas pulangnya itu nganggur tidak ada kerjaan di rumah. Kemudian berinisiatif buat kerajinan dari plastik-plastik ini, akhirnya bisa dan jadi usaha yang Alhamdulillah terus berjalan lancar sampai sekarang,” paparnya.

Di bulan Ramadan dan jelang Lebaran, orderan usahanya mengalami peningkatan sekitar 3 kali lipat dibanding bulan-bulan biasa sebelumnya. Sehingga yang biasanya setiap dua hari nya cukup memproduksi 50 tas anyaman plastik, kian harus ditarget mencapai 150 bahkan lebih.

“Overload, Alhamdulillah berkah Ramadan. Kalau peningkatan sekitar 3 kali lipat mungkin ya. Ada yang pesan langsung, ada juga yang online seperti yang dari Surabaya, Pasuruan, dan beberapa daerah luar jawa juga ada,” jelasnya.

Lanjut Citra, para pelanggannya rata-rata memesan dengan kebutuhan beragam.

Mulai dari acara hajatan, pengajian, parcel Ramadan dan Lebaran, hingga didominasi kebutuhan untuk wadah zakat fitrah.

“Bersyukur banget keuntungan ada kenaikan. Belum sebulan full, ini masih pertengahan Ramadan sudah untung 15 juta an. Harapannya semoga bermanfaat dan usahanya terus berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *