Berita Utama

Gubernur Khofifah Dukung Penuh Program GWI

120
×

Gubernur Khofifah Dukung Penuh Program GWI

Sebarkan artikel ini
Program GWI

Dari laman resmi Sistem Informasi Wakaf (SIWAK), secara nasional luas tanah wakaf tercatat 57.263,69 ha dan jumlah tanah wakaf secara nasional sebanyak 440.512 lokasi.

Di Provinsi Jatim sendiri secara jumlah tanah berada di urutan ketiga sebanyak 78.825 lokasi. Sedangkan secara luas tanah, Provinsi Jatim terbesar ke 6 se Indonesia seluas 5.006,03 ha.

Scroll untuk melihat berita

Bahkan, merujuk data Badan Wakaf Indonesia, potensi wakaf tunai di Indonesia tahun 2021 mencapai Rp 180 triliun per tahun. Pemprov berkomitmen untuk.segera melembagakan sinergi dengan BAZNAS.

Terkait wakaf, Wapres RI Ma’ruf Amin mengatakan, wakaf di Indonesia berpotensi untuk dikembangkan seperti di negara Kuwait dan Mesir yang memiliki badan wakaf yang sangat kuat.

“Saat menjadi Ketua Komisi Fatwa MUI, saya mendorong agar wakaf dikembangkan,” katanya.

Dalam rangka pengembangan Wakaf, dilakukan penyesuaian dengan mendorong lahirnya Undang-undang Wakaf dan Badan Wakaf.

Sebelum badan wakaf terbentuk resmi, Wapres Ma’ruf Amin meminta Menteri Agama membuat badan wakaf untuk segera disahkan Presiden.

“Maka mulailah badan wakaf berkembang di Indonesia. Kini wakaf berpotensi besar dan tidak akan habis. Dia Seperti bola salju yang semakin lama semakin besar kalau dikelola dengan baik. Maka saya berharap benar-benar masif menggerakkan wakaf,” tuturnya.

Lebih lanjut, dibentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah yang mana di dalamnya termuat pengembangan Wakaf. Ada empat sasaran yakni Pengembangan industri halal karena Indonesia berpotensi menjadi produsen halal terbesar di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *