Pemerintahan

Kejar Target 10.000 Sertifikat Halal, HCCM Ajak Dinkop Kolaborasi

169
×

Kejar Target 10.000 Sertifikat Halal, HCCM Ajak Dinkop Kolaborasi

Sebarkan artikel ini
HCCM
KC HCCM Kabupaten Lumajang dan salah satu P3H HCCM Kabupaten Lumajang diskusi dengan Kabid koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, di salah satu lokasi PU

BERITABANGSA.ID-LUMAJANG – Kantor Cabang Halal Center Cendekia Muslim (KC HCCM) Kabupaten Lumajang, menargetkan 10.000 sertifikat halal dari pelaku usaha di Lumajang.

Untuk itu HCCM mengatur strategi yakni berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang.

Scroll untuk melihat berita

Hal ini dilakukan demi suksesnya program Kementerian Agama (Kemenag) RI yang memberikan sertifikat halal (SH) gratis kepada 10 juta pelaku usaha (PU) secara nasional.

Di sini HCCM sebagai salah satu lembaga pendamping proses produk halal (LP3H) ikut berperan aktif dalam menyukseskan program tersebut

“HCCM merupakan lembaga yang ditunjuk dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI untuk turun melakukan pendampingan sampai tuntas,” kata KC HCCM Kabupaten Lumajang, Achmad Fuad Afdlol, Selasa (28/2/2023) sore tadi.

Selain itu, HCCM ini, kata Afu, panggilan akrabnya, juga memberikan fasilitas pembuatan nomor induk berusaha (NIB) bagi PU yang masih belum memiliki izin usaha.

“Jadi sebelum mengurus SH, PU wajib punya NIB dulu, kalau pun belum punya kita yang buatkan,” tambahnya.

Sebenarnya, PU yang ada saat ini, harus jeli melihat peluang, adanya SH gratis ini. Sebab menurut pria berkacamata ini, Oktober tahun depan sudah ada sanksi jika PU tidak memiliki SH.

“Mumpung ada peluang SH gratis dari pemerintah, manfaatkanlah hal tersebut, sebelum nanti diperketat dengan peraturan yang ada, jika ingin mengurus bisa menghubungi kami di Kantor KC HCCM Kabupaten Lumajang di Jalan Mayor Kamari Sampurno 12A, Ditotrunan, Lumajang, atau 085895130293,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Samsul Nurul Huda, menyampaikan kepada KC HCCM Kabupaten Lumajang, pihaknya sangat mendukung program itu, dan siap berkolaborasi.

“Kami secara kedinasan mendukung dan siap berkolaborasi dengan siapa saja yang melakukan pendampingan terhadap PU di Kabupaten Lumajang,” paparnya.

Nurul Huda menambahkan pula jika masih banyak sekali PU yang belum memiliki SH, jadi kegiatan ini sangat menunjang PU dalam meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen.

“Sementara ini, kami juga membuka peluang kepada PU pemula dengan memberikan pelatihan-pelatihan usaha di sejumlah desa,” ujarnya lagi.

Nurul Huda berharap kepada KC HCCM Kabupaten Lumajang dapat mencapai target pendampingan PU dalam memiliki SH gratis ini.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *