Entertainment

Event Semboro Mesem di Jember Picu Pertumbuhan Ekonomi Bagi UMKM

432
×

Event Semboro Mesem di Jember Picu Pertumbuhan Ekonomi Bagi UMKM

Sebarkan artikel ini
Semboro Mesem
Bupati Jember Hendy Siswanto, bersama ribuan massa dalam kegiatan Semboro Mesem

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Event Semboro Mesem yang diinisiasi oleh masyarakat di Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur, berhasil memicu pertumbuhan ekonomi bagi UMKM di wilayah setempat.

Konsep kegiatan Semboro Mesem yakni dengan mengumpulkan ribuan massa melalui Senam Germas yang melibatkan seluruh UMKM, tokoh masyarakat dan stakeholder mulai dari TNI, POLRI, Camat, Kepala Desa dan yang lainnya.

Scroll untuk melihat berita

“Kegiatan Semboro Mesem ini artinya, Semboro menggerakkan ekonomi di Semboro terutama. Tapi esensinya adalah dalam menggerakkan ekonomi masyarakat Jember, Jawa Timur dan Indonesia,” ucap Bupati Jember, Hendy Siswanto, usai Launching event ini pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Kendati demikian, Hendy mengaku bahwa Semboro Mesem merupakan event gerakan ekonomi kemasyarakatan yang diluncurkan untuk kesekian kalinya pada 2023 ini.

Beberapa waktu lalu sebelum Semboro Mesem digelar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember telah lebih dulu melaunching 31 kegiatan yang serupa.

“Tentunya minimal ada 2 sampai 3 kegiatan besar-besar (yang di launching – red). Dan kami berharap bisa lebih besar lagi, ada tambahan kegiatan lagi. Sehingga dalam sebulan bisa ada 3 sampai 4 kegiatan. Sehingga ekonomi bergerak lebih bagus lagi,” imbuhnya.

Hendy mengklaim, bahwa kegiatan semacam itu cukup efektif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan mampu mengendalikan inflasi.

“Saya sudah buktikan sendiri bahwa tahun 2022 kemarin, kita menekan inflasi, bisa pengendalian inflasi. Di Jember ini terbaik se-Indonesia. Kita dapat reward dari Menteri Keuangan Rp10 Miliar lebih. Itu hanya satu, gerakan ekonomi UMKM saja,” ungkapnya.

Berkaca dari pengalaman itulah, lantas Hendy semakin gencar meluncurkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan UMKM agar inflasi dapat terus ditekan.

“Saya yakin dengan UMKM ini bisa lebih cepat (menekan inflasi – red). Tahan terhadap problem ekonomi ke depan,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *