Nasional

Anggota DPR RI Haerul Amri Berharap Momen HPN 2023 Bisa Tingkatkan Kualitas SDM Insan Pers

44
×

Anggota DPR RI Haerul Amri Berharap Momen HPN 2023 Bisa Tingkatkan Kualitas SDM Insan Pers

Sebarkan artikel ini
Foto: Haerul Amri sebagai anggota komisi X DPR RI saat diwawancara pada HPN 2023
Foto: Haerul Amri sebagai anggota komisi X DPR RI saat diwawancara pada HPN 2023

BERITABANGSA.ID – JAKARTA– Haerul Amri sebagai anggota komisi X DPR RI mengatakan, Hari Pers Nasional atau HPN 2023 harus menjadi momentum guna meningkatkan kualitas SDM nasional agar menguasai teknologi digital.

Sebab, dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, menurut Gus Aam sapaan akrabnya, peran pers dalam mencerdaskan kehidupan bangsa tidak bisa dibantah.

Scroll untuk melihat berita

“Kemajuan teknologi telekomunikasi pada momen HPN 2023 ini diharap menjadi prioritas dalam mengembangkan kualitas SDM insan pers,” kata Moh Haerul Amri yang juga Sekjen Garda Pemuda NasDem lewat rilis resminya kepada media, Kamis (9/2/23).

Lebih lanjut, politisi muda NasDem ini menilai bahwa pemanfaatan teknologi sangat tergantung pada kualitas SDM insan pers, karena kompetisi industri media saat ini sudah masuk dalam level global.

“Sudah banyak beberapa media konvensional gulung tikar karena tidak bisa bersaing di era digital saat ini. Jadi pemerintah harus memperhatikan keberlangsungan industri media. Jangan sampai yang berjaya hanya Google, Facebook, dan platform-platform digital lainnya,” tambahnya.

Belum lagi, lanjut anggota Komisi X DPR itu, industri pers harus bersaing dengan media sosial. Karena medsos ini paling sering digunakan masyarakat untuk memproduksi dan menyebarkan informasi.

Hingga berakibat dan berdampak pada tingginya produksi penyebaran berita-berita bohong (hoaks) yang memiliki dampak sangat negatif bagi masyarakat, bahkan bisa memicu terjadinya desintegrasi bangsa.

Oleh sebab itu, kata Legislator NasDem, pers memegang peranan penting untuk bisa menjaga sikap profesionalisme dengan selalu menyajikan informasi-informasi yang berkualitas, akurat, kredibel dan bisa dipercaya.

“Sekarang ini masalah yang utama adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab, karena masyarakat saat ini kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya, termasuk platform asing yang tidak punya redaksi,” jelasnya.

“Hal semacam itu tidak boleh mendominasi kehidupan masyarakat kita, media konvensional yang punya redaksi akhirnya semakin terdesak dalam peta pemberitaan,” sambung

Sementara, Kak Aam, sapaan akrabnya yakin bahwa insan pers Indonesia, media di Indonesia dan industri pers nasional akan selalu menjadi modal utama perjuangan rakyat dengan menyuarakan kejujuran hati nurani rakyat.

“Selamat Hari Pers Nasional (HPN 2023), 9 Februari 2023. Pers Indonesia harus terus menghadirkan informasi terpercaya untuk mendorong kemajuan dan bisa mempersatukan bangsa,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *