Sejarah

Perpustakaan Jatim Pertajam Sinergi dengan BLA Semarang, Lestarikan Naskah Kuno

195
×

Perpustakaan Jatim Pertajam Sinergi dengan BLA Semarang, Lestarikan Naskah Kuno

Sebarkan artikel ini
BLA Semarang
Kepala Disperpusip Jatim Ir. Tiat S. Suwardi, MSi saat memberikan cinderamata kepada Kepala BLA Semarang Drs. H. Ansori disaksikan para pejabat di lingkungan kedua lembaga

Melalui kerjasama ini, Ansori akan mensupport apa yang menjadi keinginan Disperpusip Jatim dalam melakukan pelestarian naskah kuno.

“Kami akan mensupport apa apa yang ada pada kami. Sehingga, setelah ini bisa dibicarakan lebih detail lagi dengan teman-teman,” jelasnya.

Scroll untuk melihat berita

Sementara terkait akses repositori Wanantara milik BLA Semarang, Ansori menjelaskan, bahwa pihaknya memberikan beberapa ketentuan yang wajib diikuti.

“Jadi kami memberikan ketentuan umum dan ketentuan khusus,” jelasnya.

Kendati file manuskrip yang ditampilkan open access, namun setiap penggunaan diberlakukan beberapa ketentuan. Mengingat, akses yang diberikan terdapat license.

“Itu soal ketentuan umumnya,” terang Ansori.

Sedang untuk ketentuan khususnya, Ansori menyampaikan, bahwa semua manuskrip yang terdapat pada repositori Wanantara yang telah melalui proses dan berbentuk file pdf, maka hasilnya merupakan produksi Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.

“Itu merujuk pada Undang-Undang Hak Cipta Pasal 44 ayat 1,” terangnya.

Dirinya berharap, open access penggunaan repositori Wanantara yang diberikan dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk masyarakat. Seperti halnya kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan masalah dan bukan untuk kepentingan komersial.

“Penggunaan repositori Wanantara di luar kepentingan tersebut seperti, pencantuman link repositori Wanantara dalam laman stakeholder institusi/lembaga pemohon diperbolehkan dengan mengirimkan surat permohonan sebagai bentuk kerjasama,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *