Terkini

Wow Keren, Green House Masjid Al-Akbar Diresmikan

50
×

Wow Keren, Green House Masjid Al-Akbar Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Green House
Gubernur Khofifah saat panen melon di Masjid Al-Akbar Surabaya

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) selangkah lebih maju. Kini, terdapat green house, selain sarana rekreasi dan belajar.

Kali ini, green house MAS memasuki masa panen, yakni golden melon.

Scroll untuk melihat berita

Green house dibangun di lahan seluas 11 x 26 meter di area urban farming MAS. Di sini ditanami 1038 golden melon dengan 3 varietas, varietas Inthanon RZ (fisiknya luar kuning ada net dalam hijau), Alisha Panah merah (fisik luar kuning polos dalam orange) dan varietas Ranggipo RZ (fisiknya luar hijau bergaris ada net).

Ketiga varietas golden melon itu dipanen setelah usianya genap 70 hari.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar, pihaknya bersyukur karena golden melon yang genap usia 70 hari sudah bisa dipanen.

“Ini langkah inovatif dan kreatif dari pengelola Masjid Al-Akbar untuk memanfaatkan potensi lahan kosong di MAS,” ungkap Gubernur Khofifah didampingi Ketua Badan Pengelola MAS Mohammad Sudjak.

Tak hanya memanen, Gubernur Khofifah pun mencicipi langsung tiga varietas Melon itu.

Budidaya golden melon yang dilakukan di MAS bisa menjadi contoh bagaimana mengembangkan sektor agrikultur moderen di lahan terbatas.

“Jadi ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat, para pelajar, mahasiswa dan pengunjung MAS agar green house MAS bisa jadi bahan belajar pertanian milenial, di pekarangan rumah kita, tidak harus melon bisa cabai atau tomat,” terangnya.

Dengan begitu akan menjadi sumber income bagi kesejahteraan masjid.

Sedangkan Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar menjelaskan, area urban farming di sisi timur luar MAS memiliki luas 2000 meter persegi, dan sudah ditanami berbagai tanaman. Medianya beragam, mulai dari media tanah, hydroponic, hingga yang terbaru green house.

Area Urban Farming ini difungsikan sebagai sarana edukasi dan rekreasi untuk masyarakat yang datang ke Masjid Al-Akbar.

Area ini ditanami berbagai jenis tanaman, mulai dari jeruk, mangga, tomat, timun dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat barcode di setiap papan identitas tumbuhan yang dibudidayakan.

“Barcode berisi nformasi seputar tanaman secara lengkap, mulai nama, fungsi, sampai manfaat,” jelasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *