Sejarah

Wow, Situs Mbah Blawu Jombang Diduga Zaman Pra Majapahit

199
×

Wow, Situs Mbah Blawu Jombang Diduga Zaman Pra Majapahit

Sebarkan artikel ini

Ketinggian struktur ini 5 lapis bata merah kuno. Menurut Pahadi, satu lapisan bata paling bawah yang menjorok keluar diduga sebagai pondasi kaki candi.

“Asumsi kami permukaan tanah ketika candi ini dibuat sudah kami temukan dengan adanya anomali susunan bata keluar dan ada lapisan serbuk bata. Mungkin bahasa tekniknya lantai kerja, maka mungkin ini lapisan tanah aslinya pada kedalaman 9 lapis bata,” tuturnya, Selasa (20/9/2022).

Scroll untuk melihat berita

Terkait masa pembangunan candi di Situs Blawu ini, Pahadi baru sebatas membuat asumsi berdasarkan ukuran bata merah penyusun struktur.

Menurutnya, bata merah di situs ini lebih besar jika dibandingkan dengan situs-situs peninggalan Majapahit di Trowulan, Mojokerto.

Bata-bata kuno di Situs Blawu lebih mirip dengan Candi Brahu dan Situs Pandegong di Dusun Kwasen, Desa Menganto, Mojowarno, Jombang. Kedua candi tersebut dibangun pada masa Mpu Sindok, Raja Medang periode Jatim yang berkuasa tahun 924-947 Masehi. Sedangkan Kerajaan Majapahit baru berdiri 1293 Masehi.

“Karena ketebalan bata lebih tebal dari candi di Trowulan, ini identik seperti Brahu dan Pandegong. Mungkin periodenya mengarah ke situ (masa Mpu Sindok),” jelasnya.

“Tapi kami belum bisa justifikasi dari zaman Mpu Sindok atau setelahnya, dugaannya mengarah ke situ. Kalau kondisi candi ada bagian atap, tubuh dan kaki candi yang kami nilai kira-kira sudah rusak. Sementara yang kita lihat ini hanya struktur kaki candi,” tandasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *