Terkini

Hadiri Peringatan Detik-detik Proklamasi, Ketua GRS Apresiasi Gubernur Khofifah

42
×

Hadiri Peringatan Detik-detik Proklamasi, Ketua GRS Apresiasi Gubernur Khofifah

Sebarkan artikel ini
GRS
Ketua Gerakan Rakyat Surabaya (GRS) Mat Mochtar bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Ketua Gerakan Rakyat Surabaya (GRS) H Moch Mochtar (MM) mengapresiasi kinerja saja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam percepatan pemulihan ekonomi di Jawa Timur saat Pandemi Covid-19.

Hal itu, disampaikan Mat Mochtar saat menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi, pengibaran bendera Merah Putih, pada HUT Republik Indonesia ke-77 di Gedung Grahadi Provinsi Jawa Timur, Rabu (17/08/2022).

“Saya bangga memiliki Gubernur seperti Ibu Khofifah. Sebagaimana, Ibu Khofifah selama ini telah berhasil menumpas Covid-19 di Jatim. Melakukan pemulihan ekonomi dengan cepat dan tanggap. Menurunkan angka kemiskinan di Jatim dan banyak lagi sektor-sektor yang berhasil beliau bangun,” kata pria yang akrab disapa MM ini.

MM mengatakan Jawa Timur saat pandemi dengan cepat melakukan pemulihan ekonomi. Terbukti, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dari terkontraksi 2,33 pada 2020, sekarang mampu tumbuh 3,57 pada 2021 (c to c)

Dari tingkat kesejahteraan masyarakat Jawa Timur terus meningkat 51,23 juta pada 2017 menjadi 60,04 juta di 2021.

“Angka kemiskinan di Jatim sudah mengalami penurunan sebanyak 313 ribu jiwa, atau setara dengan 30% penurunan kemiskinan secara nasional,” ujarnya.

Selain itu, dari sektor peternakan, Jatim berhasil menduduki peringkat pertama secara nasional. Pada tahun 2020 lalu, populasi ternak sapi sebesar 4,8 juta ekor. Dan tahun 2021 lalu, sebesar 4,93 ekor, sedangkan tertinggi kedua hanya sebanyak 1,8 juta ekor.

Berikutnya dari sektor pertanian juga demikian. Pertanian di Jatim tahun 2020 tertinggi se-Indonesia, kemudian pada tahun 2021 per 31 Desember juga tertinggi se-Indonesia, yang mana nilainya hampir 10 juta ton Gabah Kering Giling (GKG), produksi petani di Jawa Timur.

Kemudian dari sektor pendapatan. Pendapatan Jawa Timur di 2021 secara presentatif tertinggi diantara seluruh provinsi di Indonesia.

Tak hanya itu, dari sektor pendidikan, lulusan SMA/SMK Jawa Timur masuk perguruan tinggi terbanyak di Indonesia. Dan kelulusannya terbaik 99 persen di Indonesia.

Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan sebagai provinsi terbaik se-Indonesia dalam memberikan pelayanan, penempatan dan perlindungan PMI.

“Prestasi-prestasi seperti itu wajib kita apresiasi sebagai warga Jawa Timur. Dan saya berharap kinerja seperti itu dapat ditiru oleh pemangku-pemangku jabatan di Indonesia, agar Indonesia menjadi negara maju dengan prestasi-prestasi yang luar biasa,” tukas MM.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *