Daerah

SK P3K Guru Honorer di Bondowoso Rampung, 1056 Terima Kontrak Kerja 5 Tahun

32
×

SK P3K Guru Honorer di Bondowoso Rampung, 1056 Terima Kontrak Kerja 5 Tahun

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah merampungkan perekrutan pegawai pemerintah perjanjian kerja (PPPK).

Surat Keputusan (SK) milik 491 guru telah diserahkan oleh Bupati Bondowoso Salwa Arifin di Ball Room Hotel Ijen View, Jumat (29/7/2022) pagi.

Penyerahan SK itu merupakan tahap kedua setelah sebelumnya Pemkab menyerahkan SK yang sama kepada 565 pegawai. Sehingga, total jumlah PPPK guru yang telah menerima SK sebanyak 1056 orang.

Bupati Salwa mengatakan, penjaringan PPPK guru dipastikan terlaksana transparan dan akuntabel dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) UNBK sehingga terhindar dari praktik-praktik yang tidak baik.

“Peserta seleksi secara ketat diuji kompetensinya by system, sehingga saudara adalah orang-orang yang terseleksi secara murni dari kemampuan masing-masing,” katanya.

Oleh sebab itu, Bupati Salwa mengimbau untuk menjalankan amanah dan tugas tanggung jawab secara profesional, baik dalam pengabdian sebagai profesi maupun melayani masyarakat.

“Pastikan saudara berperan aktif dalam mendukung upaya pemerintah daerah demi terwujudnya pemerataan pembangunan di berbagai bidang,” lanjutnya.

Sebagai orang-orang terpilih, Bupati meminta untuk menunjukkan kinerja terbaik, dedikasi dan loyalitas dalam bekerja untuk memberikan layanan publik yang bermutu.

“Teruslah belajar, memperbaiki diri, dan mengembangkan kompetensi, karena tugas dan tanggung jawab yang kita emban ke depan, akan semakin berat,” lanjutnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan itu juga memperingatkan agar pegawai mematuhi dan mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang ada.

Serta kedisiplinan dan etos kerja yang tinggi, sehingga kehadiran mereka akan semakin memberikan warna yang positif, di instansi tempat bertugas.

“Jadikan momentum ini untuk mulai membangun kapasitas diri. Bekerjalah dengan semangat, cerdas, melayani dengan sepenuh hati, dan tetap menjaga kinerja, dedikasi serta loyalitas,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bondowoso, Asnawi Sabil mengatakan, sebanyak 1056 guru di Bondowoso yang sebelumnya berstatus honorer kini resmi menjadi aparatur sipil negara (ASN) setelah menerima Surat Keputusan (SK) sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Sabil menegaskan jika Bupati Salwa Arifin dan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat memberikan perjanjian kerja selama lima tahun. Dibanding daerah lain, kontrak tersebut paling panjang. Menurutnya hal itu untuk memastikan kebutuhan guru lebih terjamin dan memberikan kesempatan bagi pegawai PPPK untuk berkontribusi kepada masyarakat lebih maksimal.

“Termasuk paling lama. Jadi kabupaten lain hanya dua tahun bahkan provinsi satu tahun. Total semua PPPK yang telah menerima SK sebanyak 1056 orang. Hari ini kita 491 orang,” lanjut mantan Sekretaris Dinas Perkim tersebut.

Asnawi menegaskan bahwa proses pemberkasan dilakukan secara mandiri melalui sistem yang tersedia di Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Semua guru PPPK ini memiliki kapasitas, keterampilan dan kecakapan sebagai tenaga profesional di bidang pendidikan karena sebelumnya telah melalui waktu panjang sebagai tenaga honorer.

Namun seiring perkembangan teknologi dan informasi, pihaknya bersama dengan Dinas Pendidikan akan meningkatkan kapasitas tenaga pendidik. Apalagi pemerintah pusat kini menerapkan kurikulum merdeka belajar, sehingga pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas pendidik. Namun begitu, seribuan tenaga pendidik tersebut tidak perlu didistribusikan lagi karena mereka sudah melamar sesuai formasi masing-masing.

“Karena bagaimanapun zaman ini berubah, teknologi juga berubah. Mau tidak mau ada kebutuhan untuk selalu diadakan upgrading untuk semua tenaga pendidik di Bondowoso ini,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *