Pemuda

Sambut Pemilu 2024, Forwas Gelar Sarasehan

55
×

Sambut Pemilu 2024, Forwas Gelar Sarasehan

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO- Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) menggelar sarasehan menyambut pemilu 2024 di The Sun Hotel Sidoarjo bersama generasi penentu, Kamis (21/7/2022).

Generasi penentu ini, berasal dari berbagai kalangan, mulai dari akademisi, mahasiswa, wartawan, influencer, dan elemen kepemudaan di Sidoarjo.

Scroll untuk melihat berita

Kali ini Forwas mengundang tiga narasumber, yakni, Ketua KPU Sidoarjo M Iskak, Anggota Komisi II DPR RI, Rahmad Muhajirin, dan Ketua Bawaslu Sidoarjo, Haidar Mundjit.

Mengawali sarasehan, M Iskak memberikan pemahaman seputar Pemilu 2024. Dia mengatakan, saat ini tahapan pemilu sudah berlangsung. Terdekat ini, 29 Juli 2022 nanti sudah masuk masa pendaftaran parpol sampai Desember 2022.

“Perlu diketahui masyarakat bahwa tahapan Pemilu sudah dimulai, artinya tak ada anggapan lagi bahwa pemilu akan ditunda,” tegas Ketua KPUD Sidoarjo, M Iskak.

Selian itu M Iskak meminta dukungan kepada masyarakat dan pemuda Sidoarjo untuk Ikut-andil mensosialisasikan Pemilu 2024, minimal kepada orang terdekat agar partisipasi masyarakat tinggi menggunakan hak suaranya.

“Kita targetkan pemilu 2024 nanti mencapai 85 persen. Tahun 2019 lalu jumlah partisipasi pemilih sudah 81,88 persen,” imbuh mantan aktivis PMII itu.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Sidoarjo, Haidar Mudjit mengatakan akan berperan aktif sebagai pengawal pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

“Langkah kami melakukan pencegahan, jika tidak bisa, baru dilanjutkan penindakan. Pesta demokrasi ini perlu juga dukungan seluruh elemen masyarakat mengawalnya agar berjalan lancar, aman, dan sukses,” tukas Haidar.

Sementara itu, Rahmat Muhajirin ingin seluruh elemen masyarakat, dapat melek politik, khususnya pemuda. Sebab, peran pemuda saat ini, sebagai penentu masa depan bangsa.

Partisipasi pemilu serentak nanti, akan didominasi peran pemuda, terutama generasi Z. Oleh karena itu, dia berharap agar semakin banyak pemuda yang melek politik.

“Sebagai pemuda, agar tak mudah tergiur dengan pencitraan calon pemimpin saja. Jadi pemilih yang cerdas, untuk ikut menentukan arah bangsa,” pungkas Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Sidoarjo itu.

Selain itu Rahmat Muhajirin menginginkan acara sejenis sarasehan tersebut rutin digelar. Karena pemuda harus banyak tahu, pemilih harus banyak tahu agar tidak salah menentukan pilihan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *