Kreatif

Latih Berkurban, Santri TPQ Gandong Takbir Keliling Berlampion

84
×

Latih Berkurban, Santri TPQ Gandong Takbir Keliling Berlampion

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-TULUNGAGUNG- Gema takbir terus berkumandang dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1443H. Untuk melatih kepedulian berkurban seluruh santri TPQ di Desa Gandong, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung menggelar takbir keliling.

Takbir keliling penuh keceriaan karena peserta takbir keliling adalah gabungan antara TPQ Al Ikhlas, TPQ Al Huda, dan TPQ Al Irsyad.

“Alhamdulillah, kemeriahan takbir keliling ini disambut meriah dengan diikuti oleh 200 santri dan masing-masing santri membawa lampion yang dibuat oleh masing masing peserta,” ungkap Miftahul Huda, Ketua Panitia, Sabtu (9/7/2022)

Ia menuturkan acara takbir keliling ini dilakukan setiap tahun untuk menyambut hari raya Kurban, kecuali dua tahun lalu karena pandemi Covid-19.

“Tujuan acara ini untuk melestarikan dan menumbuhkan semangat bertakbir anak anak. Kalau dulu kita dulu masih menggunakan obor bambu, untuk itu kita ubah dengan anak-anak membawa lampion. Tentunya lampion ini juga untuk melatih kekreatifan anak-anak dalam berkarya,” tambah Ketua Ansor Ranting Gandong.

Lebih lanjut, laki-laki yang disapa Itah ini menambahkan anak-anak bersama orang tua cukup kreatif membuat lampionnya mulai dari berbentuk kapal laut, masjid, berbentuk hewan dan lainnya.

Antusias masyarakat dalam menyambut acara ini luar biasa. Hal ini dibuktikan panitia menerima kurang lebih 250 hadiah yang akan dibagikan kepada seluruh peserta.

“Saya tidak menyangka acara yang sederhana ini sangat luar biasa, hadiah sebanyak 250 ini kami terima dari para donatur tanpa kami keluarkan dana dari panitia. Hal ini juga sebagai syukur kita bersama setelah pandemi panjang yang menghalang-halangi kita untuk berkumpul,” tambahnya.

Hadiah yang disiapkan cukup beragam, mulai kipas, magicom, panci, peralatan sekolah dan peralatan dapur menambah semangat anak-anak bersama ibunya.

Takbir keliling ini para santri berjalan sejauh 2,5 km dengan penuh semangat dengan iringan gema takbir. Dengan acara ini diharapkan anak anak semakin semangat untuk mengaji dan mencintai agamanya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *