Daerah

Tak Lagi Berseteru, Ojol vs Opang di Jember Sepakat Berkongsi

47
×

Tak Lagi Berseteru, Ojol vs Opang di Jember Sepakat Berkongsi

Sebarkan artikel ini
Bupati Jember Hendy Siswanto berfoto bersama perwakilan ojol dan opang usai penandatanganan kerja sama

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Perseteruan ojek online (ojol) melawan ojek pangkalan (opang) mengenai titik penjemputan penumpang telah berakhir, keduanya sepakat berdamai dan berkongsi dalam mengais rezeki.

Opang mendirikan koperasi bernama giat bersama sejahtera (GBS) sebagai payung hukum dalam perjanjian kerja sama.

banner 300600

Kerja sama tersebut ditandatangani oleh perwakilan PT Gojek Tokopedia (Goto) dan perwakilan ojek pangkalan, disaksikan langsung oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, di Pendapa Wahyawibawagraha, Sabtu 21 September 2024.

Usai penandatanganan kerja sama, mereka bergeser ke Stasiun Jember, dan meresmikan dua titik jemput penumpang, pertama di Jalan Wijaya Kusuma tepat di depan pintu keluar Stasiun Jember, kedua di Jalan Dahlia.

“Stasiun kalau diibaratkan ladang itu ladang yang basah. Bersyukur kita bersepakat untuk saling mengais rezeki bersama-sama, mendapat manfaat bersama-sama,” kata Siswoyo, Ketua Paguyuban Insan Transportasi (Pintar) Jember.

Sedangkan pengurus Forum Komunikasi Jember Online Bersatu (FKJOB), Eko Prihastono menceritakan selama 6 tahun terakhir, ojol dan opang seringkali bentrok soal titik jemput.

“Ini hasil perjuangan teman-teman semua selama enam tahun. Teman-teman online dan teman-teman konvensional sekarang menjadi satu barisan yang sama berjuang untuk Jember yang lebih hebat,” ujar Eko.

Berkat kerja sama ini, ojol diperbolehkan untuk menjemput penumpang di dua titik tersebut. Sebagai kompensasi, operator aplikasi ojol menarik retribusi keamanan dan kebersihan yang diberikan kepada opang dan tukang becak.

“Besaran retribusi yakni Rp1000 untuk ojol roda dua, dan Rp2000 untuk ojol roda empat, yang ditagihkan langsung kepada penumpang di aplikasi, yang memilih penjemputan di 2 titik tersebut. Sehingga penumpang tidak perlu lagi berjalan kaki jauh dari Stasiun Jember,” kata Area Operation Gojek Malang-Banyuwangi, Nurandito Vindyawan.

Bupati Jember Hendy Siswanto bahagia mendapati kerukunan yang terjalin antara ojol dan opang.

“Hari ini adalah hari yang berkah buat saya, karena benar-benar bisa saya rasakan aura kekuatan panjenengan semua,” katanya dalam sambutan.

Ia berharap bentuk kerja sama saling menguntungkan kedua pihak ini menjadi contoh bagi daerah lain.

“Pesan saya satu untuk panjenengan semua, harus rukun! Panjenengan semua harus betul-betul taat aturan, taat regulasi koperasi itu sendiri, jangan sampai panjenengan sendiri yang mendirikan koperasi dan panjenengan yang merusak atau menodai,” pesan Hendy Siswanto.

 

>>> Baca berita lainnya di google news beritabangsa.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *