Polri

Gelar Simulasi Sispamkota, Polres Magetan Siap Amankan Pilkada 2024

45
×

Gelar Simulasi Sispamkota, Polres Magetan Siap Amankan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Sispamkota Polres Magetan
Polres Magetan saat menggelar simulasi persiapan pengamanan Pilkada 2024

BERITABANGSA.ID, MAGETAN – Polres Magetan menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota), Senin (19/8/2024) menjelang Pilkada 2024.

Acara ini dihadiri Forkopimda Magetan, para undangan dari ketua Parpol dan tokoh masyarakat lainnya.

banner 300600

Sispamkota merupakan sistem tata cara pengamanan dan antisipasi terhadap potensi gangguan kerawanan di setiap tahapan Pilkada, agar proses demokrasi berjalan lancar dan aman.

Simulasi Sispamkota terdiri dari 6 sesi yang menggambarkan berbagai potensi situasi krisis yang mungkin terjadi.

Sesi pertama, aparat Polri patroli dan mengawasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sesi kedua, simulasi pengamanan distribusi logistik, dengan skenario kendala yang menghambat proses distribusi logistik ke tempat pemungutan suara (TPS).

Sesi ketiga menampilkan simulasi pengamanan tahap kampanye, jika terjadi serangan terhadap salah satu pasangan calon (Paslon).

Polres Magetan menunjukkan kemampuan mereka dalam merespons dengan cepat dan menangani situasi, agar tidak berkembang menjadi konflik yang lebih besar.

Pada sesi keempat, simulasi memasuki tahap masa tenang, di mana diasumsikan ada penolakan oleh pendukung paslon terhadap pelepasan atribut kampanye, yang ditangani dengan tegas oleh aparat kepolisian.

Sesi kelima berfokus pada pengamanan tahap pemungutan suara.

Dalam sesi ini, simulasi memperlihatkan permasalahan pencoblosan dua kali oleh seorang pemilih, yang memicu protes dari perusuh di TPS.

Polres Magetan menunjukkan kesiapan mereka dalam mengendalikan situasi tersebut dengan cepat dan efektif.

Simulasi ditutup oleh sesi keenam yang menampilkan skenario unjuk rasa di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Magetan, di mana massa menolak hasil pungut suara.

Aparat Polri berhasil mengendalikan situasi dengan taktik dan strategi pengamanan yang telah disiapkan.

Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana, menyampaikan simulasi Sispamkota ini, menunjukkan tahapan Pilkada 2024 di Magetan siap diamankan.

“Simulasi juga memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan aman dan tertib. Kami siap mengawal proses demokrasi ini agar masyarakat Magetan bisa menggunakan hak pilih dengan tenang dan tanpa gangguan,” ujarnya.

Pj Bupati Magetan, Nizhamul, memberi apresiasi tinggi atas pelaksanaan simulasi ini dan kesiapan Polres Magetan dalam mengamankan Pilkada 2024.

“Kesiapan yang ditunjukkan oleh Polres Magetan dalam simulasi Sispamkota ini sangat membanggakan. Saya yakin, dengan persiapan yang matang ini, Pilkada di Kabupaten Magetan akan berlangsung aman, lancar, dan sukses,” kata Nizhamul.

Dengan simulasi ini, Polres Magetan berharap dapat memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat dan memastikan Pilkada 2024 di Kabupaten Magetan dapat berjalan damai, tanpa adanya gangguan yang berarti.

Kesiapan aparat Polri, TNI dan elemen masyarakat lain dalam menghadapi berbagai potensi ancaman menjadi kunci utama dalam menjaga stabilitas dan kelancaran proses demokrasi di daerah ini.

 

>>> Baca berita lainnya di google news beritabangsa.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *