Terkini

Pameran Edukatif Lintas Disipliner Warnai Keseruan Hari Pertama ICAS ke-13

55
×

Pameran Edukatif Lintas Disipliner Warnai Keseruan Hari Pertama ICAS ke-13

Sebarkan artikel ini
ICAS ke-13

BERIBANGSA.ID, SURABAYA – Gelaran The 13th International Convention of Asia Scholars (ICAS) hari pertama berlangsung meriah pada Minggu (28/7/2024).

Universitas Airlangga (Unair) bersama Airlangga Institute for Indian Ocean Crossroad (AIIOC) menjadi tuan rumah penyelenggara acara.

banner 300600

Salah satu agenda yang mewarnai keseruan hari pertama adalah pembukaan Pameran Edukatif Lintas Disipliner di Balai Pemuda Surabaya.

Farah Andita Ramdhani SHum, perwakilan Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar), menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya konferensi akbar ini.

Farah menuturkan bahwa konferensi yang mengusung konsep Conference-Festival (Confes) baru pertama kali berlangsung di Surabaya.

“Biasanya kalau konferensi hanya fokus terhadap dialog saja. Tapi ICAS ke-13 berbeda, tidak hanya fokus pada dialog tapi juga lokakarya, pameran, seni, hingga pertunjukan,” tuturnya.

Farah mengungkapkan bahwa pameran edukatif lintas Disipliner tidak hanya menyajikan hasil karya seniman lokal.

Beberapa seniman mancanegara juga ikut serta menampilkan hasil karyanya.

“Pameran ini menjelaskan, seni adalah bahasa universal bagi semua. Kita mungkin tidak mengerti bahasa satu sama lain, tapi dengan seni kita bisa mengerti pesan yang ingin disampaikan,” ungkapnya.

Terselenggaranya pameran menjadi kesempatan yang baik bagi warga Surabaya.

Mereka dapat memperoleh berbagai pengetahuan baru dari seluruh penjuru dunia.

Pameran ini juga berpotensi mewujudkan ekonomi kreatif bagi Surabaya.

“Kami melihat potensi pameran menjadi bagian dari ekonomi kreatif Surabaya. Pameran ini menjadi inspirasi bagi kami untuk mengembangkan ekonomi kreatif yang dapat menjadi daya tarik wisata,” terang Farah.

Dr Restu Gunawan MHum, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuka pameran secara langsung.

Ia berharap pameran ini bisa memperluas jejaring dan dapat berlangsung dengan baik.

“Saya harap pameran ini bisa memperkuat jejaring dan kreativitas bagi para seniman dan pengunjung. Saya harap ICAS ke-13 bisa berlangsung dengan sangat baik,” ucapnya.

Pameran Edukatif Lintas Disipliner berlangsung selama lima hari, mulai Minggu (28/7/2024) hingga Kamis (1/8/2024).

Masyarakat dapat mengunjungi pameran secara gratis mulai pukul 13.00 – 19.00 WIB.

Seluruh jadwal rangkaian acara pameran dapat dilihat pada laman https://icas13.eventscribe.net atau instagram @aiioc.unair.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *