Politik

Di Pilkada Magetan, 5 Parpol Berkoalisi

65
×

Di Pilkada Magetan, 5 Parpol Berkoalisi

Sebarkan artikel ini
Parpol
Lima anggota Parpol Magetan saat mematangkan Koalisi di Resto Rumah Kita

BERITABANGSA.ID, MAGETAN – Lima Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Magetan sepakat berkoalisi dalam perhelatan Pilkada 2024.

Namun tidak menutup kemungkinan koalisi masih membuka pintu untuk parpol lain yang ingin bergabung.

Kelima Parpol yang berkoalisi yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PKS, serta PAN.

Kesepakatan ini ditandai dengan perjanjian kerjasama yang dilakukan di Rumah Kita, di Desa Plumpung, Kecamatan Plaosan, Rabu (8/5/2024).

“Kami menyadari semua partai di Magetan tidak bisa memberangkatkan sendiri calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, sehingga harus berkoalisi. Pada hari ini kita berlima ketua partai di Kabupaten Magetan sepakat membangun koalisi dalam rangka memberangkatkan calon bupati dan calon wakil bupati untuk Pilkada 2024,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan, Sujatno, usai deklarasi koalisi.

Dikatakannya, kesepakatan ini ditandai dengan MoU, penandatanganan perjanjian kerja sama dalam rangka untuk mencalonkan calon bupati dan wakil bupati Magetan 2024.

“Tentu perlu digaris bawahi koalisi ini masih terbuka juga untuk partai lain apabila ingin bergabung, tidak dibatasi lima ini,” tegasnya.

Menurutnya, sesuai dengan mekanisme masing-masing partai, selanjutnya partai juga akan membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati sebagai dasar untuk tindak lanjut perjanjian tanda tangan kerjasama pada malam ini.

“Saya mohon doa restu agar kesepakatan ini dapat membawa berkah, dan menghasilkan pemimpin Magetan di Pilkada tahun 2024 sesuai dengan harapan kita semua,” harap Sujatno.

Meski belum ada nama yang diusulkan untuk diusung, dalam kerja sama ini partai membuka kesempatan dan peluang kepada siapapun untuk mendaftar di masing-masing partai yang membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.

“Dan saya siap untuk mendaftar di semua partai yang hadir pada malam ini,” imbuh Sujatno.

Ketua Gerindra Magetan, Putut Pujiono menambahkan, kesepakatan kelima partai ini merupakan hasil dari pertemuan sebelumnya, di mana membebaskan masing-masing partai untuk berimprovisasi.

“Dari partai manapun dari kelima partai ini, bila memang ada kader terbaiknya silakan untuk mendaftar, Pak Sujatno mendaftar silakan dan dari partai lainya juga silakan,” ujarnya.

Setelah itu ada proses selanjutnya finalnya adalah keputusan DPD dan DPP.

“Kerjasama ini ditargetkan sampai dengan 30 Juli sudah memunculkan nama yang diusung, semoga sebelum tanggal itu kita sudah punya nama,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *