Features

Melihat Eksotisnya Gunung Bromo

1003
×

Melihat Eksotisnya Gunung Bromo

Sebarkan artikel ini
Gunung Bromo

Oleh : Muhammad Fayed Hamas *

Nama Gunung Bromo diambil dari  bahasa Sansekerta yaitu Brahma. Brahma sendiri adalah salah satu dewa utama dalam agama Hindu.

Scroll untuk melihat berita

Di lidah warga Suku Tengger (Suku asli wilayah Bromo) dieja “Brama” tanpa huruf h.

Sehingga masyarakat Indonesia umumnya menyebut gunung aktif di  Jawa Timur ini dengan Gunung Bromo.

Saat ini kawasan Gunung Bromo dikelola oleh pihak Perhutani dengan sebutan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Ada empat lokasi wisata atau keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Bromo yaitu melihat matahari terbit di penanjakan Gunung Bromo (bukit sunrise view), pemandangan hamparan savana yang indah, padang pasir yang sangat luas, dan melihat keindahan kawah Gunung Bromo.

Gunung Bromo  memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan terletak di empat kabupaten: Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

Sebagai sebuah  objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Dalam perjalanan wisata ke Gunung Bromo dan sekitarnya, pertama saat kaki menginjak Gunung Bromo, harus naiki di penanjakan satu untuk melihat matahari terbit dengan menggunakan kendaraan mobil jeep sewaan dari penyedia jasa trip di sekitar kawasan Bromo.

Harga sewa mobil jeep yang ditawarkan terjangkau, dengan harga sewa Rp250.000 per- orang dengan kapasitas 6 orang.

Betapa indahnya saat melihat matahari terbit dari atas pegunungan. Banyak wisatawan yang mengabadikan moment matahari terbit.

Yang tadinya langit gelap gulita ketika matahari terbit menjadi terang benderang dan warna langit pun bercampur menjadi warna oren kebiruan.

Di waktu matahari terbit dari puncak penanjakan bisa terlihat latar tampak depan Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang menembus lautan awan.

Udara yang sangat dingin ini menemani saat melihat matahari terbit. Setelah itu kembali naik mobil jeep untuk untuk melihat kawah, padang  savana dan padang pasir.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *