Advertorial

200 Kepala SD di Jombang Hadiri Sosialisasi Akreditasi dari Disdikbud

1596
×

200 Kepala SD di Jombang Hadiri Sosialisasi Akreditasi dari Disdikbud

Sebarkan artikel ini
sosialisasi akreditasi
Tampak kegiatan sosialisasi akreditasi dari Disdikbud Jombang.

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar sosialisasi akreditasi sekolah dasar (SD) yang dihadiri oleh 200 kepala SD negeri dan swasta.

Acara kali ini berlangsung di Gedung Kesenian Disdikbud Jombang, Selasa (12/3/2024).

Scroll untuk melihat berita

Kepala Disdikbud Jombang, Senen, menekankan akreditasi satuan pendidikan adalah bagian penting dari evaluasi rutin.

Dia menyoroti pentingnya akreditasi sebagai cerminan mutu pendidikan yang dapat dilihat oleh pemerintah dan masyarakat.

“Dengan adanya akreditasi, kita bisa mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dari setiap satuan pendidikan, sehingga dapat diambil langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, Senen juga mengingatkan berbagai masalah yang mungkin dihadapi sekolah seperti antisipasi terhadap pencurian, penanggulangan tindak kekerasan dan perundungan terhadap siswa, serta pencegahan penyakit demam berdarah di lingkungan sekolah.

Narasumber sosialisasi akreditasi SD, Nursamsu dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM), menekankan pentingnya persiapan sejak awal dalam menghadapi proses akreditasi.

“Ini merupakan kesempatan bagi setiap satuan pendidikan untuk meningkatkan nilai akreditasi. Tahun ini, akreditasi direncanakan pada April 2024,” ungkap Nursamsu.

“Kerangka Instrumen Akreditasi mencakup komponen kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan satuan pendidikan, iklim lingkungan belajar, kinerja pendidik dalam proses pembelajaran, dan hasil belajar,” tambahnya.

Sosialisasi ini menjadi momen penting bagi kepala sekolah untuk memahami tata cara dan pentingnya akreditasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Jombang.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan kualitas pendidikan di Jombang dapat terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi pembangunan pendidikan di masa yang akan datang. (adv).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *