Terkini

Tradisi Kerja Bakti Bersih-bersih Masjid Umar Bin Khattab Semolowaru Sambut Ramadan

537
×

Tradisi Kerja Bakti Bersih-bersih Masjid Umar Bin Khattab Semolowaru Sambut Ramadan

Sebarkan artikel ini
Bersih Masjid
Jamaah dan pemuda remaja Masjid saat kerja bakti di Masjid Umar Bin Khattab

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Bulan Ramadan tinggal hitungan jam. Beragam cara dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci ini.

Salah satunya, takmir Masjid Umar Bin Khattab, di Jalan Semolowaru Utara I nomor 134, Surabaya, bersama tokoh masyarakat, pemuda dan jamaah masjid melakukan kerja bakti bersih-bersih masjid, Minggu (10/3/2024).

Scroll untuk melihat berita

Kegiatan ini disambut antusias para jamaah dan remaja masjid setempat, untuk menyambut bulan Ramadan.

Aksi pembersihan di lingkungan masjid dengan menyapu sampah dan membersihkan rumput liar.

Pun juga di dalam masjid menyapu, mengepel lantai 1 dan 2, membersihkan karpet, membuat batas suci, merapikan buku dan Alquran, merapikan mimbar, dan merapikan fasilitas lain.

Diharapkan dengan kegiatan itu masyarakat tidak melupakan budaya gotong- royong yang jadi ciri khas jamaah Masjid Umar Bin Khattab.

Kerja bakti sudah berlangsung dari tahun ke tahun dan menjadi tradisi, karena dengan suasana masjid dan lingkungan yang bersih dan nyaman warga dapat menunaikan ibadah lebih khusyuk.

Ketua Takmir Masjid Umar Bin Khattab, Haji Soedamardji menerangkan, setiap tahun menjelang bulan suci Ramadan seluruh jamaah dan remaja masjid, bersama-sama kerja bakti membersihkan masjid.

“Kegiatan ini sendiri juga murni dari inisiatif takmir masjid dan jamaah, karena bulan suci Ramadan bukan hanya mensucikan diri dari berbagai perilaku yang tidak baik, tetapi juga membersihkan tempat ibadah,” ungkapnya.

Jamaah dan remaja masjid yang turut ikut bergotong royong, juga akan tergugah dan tumbuh rasa kekeluargaan antar jamaah.

“Karena kalau semuanya bersih kita melakukan ibadah puasanya juga nyaman dan aman juga tenang dan Insya Allah bisa berkah, karena sebagian dari pada iman,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *